10 Daftar Mobil Listrik Termurah 2023

Daftar Mobil Listrik Termurah
Mobil listrik yang bisa Anda boyong ke rumah adalah Nissan Leaf. Mobil ini dibanderol Rp500 jutaan. Harganya setara dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Era mobil listrik bisa dibilang sudah dimulai. Buktinya, beberapa pabrikan sudah mulai memproduksi banyak mobil listrik.

Bacaan Lainnya

Asyiknya lagi, mobil-mobil tersebut gak terlalu mahal sehingga anggapan mobil listrik pasti mahal tinggal mitos belaka. Nah, berikut daftar mobil listrik termurah yang bisa Anda lirik.

  1. DFSK Mini EV

DFSK Mini EV adalah pabrikan asal China yang mulai mengekspansi ke Indonesia. Mobil berukuran compact ini berhasil menampilkan kesan imut. Dimensinya sendiri 2.995 mm, lebar 1.495 mm, dan tinggi 1.640 mm.

DFSK Mini EV mampu menghasilkan tenaga maksium 25 kW atau setara 34 dk dengan torsi maksimal 100 Nm. Jika tertarik membawanya pulang siapkan bujet Rp250 jutaan, ya.

  1. Toyota C+pod

Butuh roda empat untuk mobilitas jarak dekat? Toyota C+pod bisa jadi solusi tepat. Mau digunakan di kawasan pedesaan atau perkotaan pun worth it.

Terlebih ukurannya cukup mungil, panjangnya 2.490 mm, lebar 1.290 mm, dan tinggi 1.550 mm. So, mobil ini dapat melaju di jalanan sempit hingga mencari lahan parkir dengan mudah.

Dari segi daya, daftar mobil listrik termurah ini memakai baterai berbasis Battery Electric Vehicle (BEV). Jenis baterai ini didesain untuk perjalanan jarak dekat sehingga cocok untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, Toyota C+pod  juga dibekali motor listrik 1RM atau magnet permanen berdaya maksium 9,2 kW. Daya tersebut setara 12,3 hp dan torsi maksimum 56 Nm. Kecepatan maksimalnya sendiri lumayan, 60 km/jam dengan baterai Lithium Ion 51 Ah / 177,6 Volt / 9,06 kWh. Harganya cukup miring, mulai Rp233 jutaan saja.

  1. Minicab MiEV

Daftar mobil listrik termurah selanjutnya adalah Minicab MiEV. Mobil listrik ini sebetulnya sempat tampil di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Model tersebut mengusung konsep niaga ringan yang memang kerap digunakan kendaraan operasional perusahaan logistik di Jepang.

Minicab MiEV sendiri merupakan pilot study atau proyek percontohan di pasar Indonesia. Limitasi jarak tempuh dan harga ekonomis sekitar Rp308 jutaan menjadi alasan ini cocok digunakan mayoritas masyarakat.

Terlebih daya listrik Minicab MiEV cukup besar untuk aktivitas niaga. Adapun besarnya sekitar 1.500 W DC yang bisa menyalurkan daya AC 100 V. Dibekali pula dengan dua baterai Lithium-ion berkapasitas 10,5 kWh dan 16,0 kWh. Masing-masing baterinya bisa menempuh jarak 100 km dan 150 km dalam sekali pengisian daya.

  1. Hyundai KONA

Butuh mobil listrik keren buat gaya-gayaan di jalan? Siapa lagi yang pantas selain Hyundai KONA. Mobil listrik yang dirilis di Indonesia di 2020 tersebut memang langsung disambut hangat oleh penggemar otomotif.

Alasan utamanya memang karena look-nya sporty dan grill polos ikonik pada setiap mobil listrik. Bagian lampu depannya punya bentuk unik dan sudah LED. Perjalanan malam hari dijamin berkualitas

Dari segi baterainya pun memuaskan. Ini karena Hyundai KONA menggunakan lithium-ion polymer berkapasitas 39,2 kWh. Dengan kapasitas sebesar ini, jarak tempuh roda empat elektrik ini mencapai 345 km dalam sekali pengisian penuh.

  1. K-Upgrade

Anda hanya butuh Rp75 juta untuk memboyong K-Upgrade ke rumah. Meski lebih murah dibanding mobil listrik lainnya tetapi spesifikasi yang diusung tidak main-main.

Yap, mobil listrik China yang sempat tampil di Periklindo Electric Vehicle Show 2022 lalu ini dilengkapi penggerak semua roda atau all wheel drive. Baterainya berkapasitas 26,7 kWh dengan tenaga motor listrik 68 PS. Dalam kondisi penuh, ini bisa melaju hingga 300 km, lho!

  1. Smart EQ ForTwo

Mobil listrik termurah yang bisa Anda beli adalah Smart EQ ForTwo. Mobil ini diproduksi oleh perusahaan yang masih terafiliasi dengan Mercedes Benz. Jadi, secara kualitas, seharusnya tidak perlu lagi diragukan.

Keunikan mobil ini ada pada bodinya yang imut banget. Kabinnya hanya muat dua orang, termasuk driver. Meski begitu, Smart EQ ForTwo bisa menempuh jarak hingga 93 km dalam sekali pengisian daya. Saat ini Smart EQ ForTwo dibanderol Rp380 jutaan.

  1. Nissan Leaf

Mobil listrik lain yang bisa Anda boyong ke rumah adalah Nissan Leaf. Mobil ini dibanderol Rp500 jutaan. Harganya setara dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Nissan Leaf tersedia dalam dua varian, yakni varian standar dan varian plus. Varian standarnya bisa menempuh jarak hingga 241 kilometer. Sementara varian plusnya bisa menempuh hingga 363 km.

  1. Hyundai Ionic Electric

Hyundai termasuk pabrikan yang sangat getol memproduksi mobil listrik. Salah satu mobil listrik mereka yang telah dipasarkan adalah Ionic Electric. Mobil ini bersaing ketat dengan Nissan Leaf. harganya pun tak terpaut jauh, yakni Rp600 jutaan.

Kelebihan Hyundai Ionic Electric ada pada jarak tempuhnya yang mencapai 199 km dalam sekali pengisian daya. Selain itu desain sporty juga menjadi kelebihan lain dari mobil asal pabrikan Korea Selatan ini.

  1. Volkswagen e-Golf

Pabrikan lain yang sudah menjual mobil listrik adalah Volkswagen. Mobil listrik mereka adalah e-Golf. Mobil ini dibanderol Rp452 jutaan. Kelebihan mobil ini ada pada pengisian daya baterai super cepat. VW mengklaim baterai mobil ini bisa penuh hingga 80 persen hanya dalam waktu satu jam pengisian.

Selain itu VW juga mengklaim mobil ini bisa menempuh jarak hingga 201 km dalam sekali pengisian baterai hingga penuh. Mobil keren ini dibanderol Rp452 jutaan.

  1. Fiat 500e

Gurihnya pasar mobil listrik juga ingin dicicip Fiat dengan meluncurkan Fiat 500e. Mobil mungil ini dibanderol Rp472 jutaan. Meski dimensinya cukup imut, namun Fiat 500e bisa menempuh jarak hingga 135 kilometer dalam sekali pengisian baterai, lho. Cukup bisa diandalkan untuk berkeliling Jakarta. Mobil ini dibanderol Rp472 jutaan.

Itulah penjelasan 10 daftar mobil listrik termurah. Mana incaran Anda? (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait