5 Tips Mengemudikan Mobil di Jalan Sempit, Harus Hati-hati!

Penjelasan beberapa tips mengemudi
Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memperhatikan bagian spion terlebih dahulu. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Mengemudikan mobil memang selalu memiliki tantangannya tersendiri bahkan termasuk jika kamu sudah terlatih sekali pun. Hal ini karena memang ada banyak sekali tantangan yang mungkin sering dijumpai pada saat mengemudikan mobil, termasuk dalam urusan mengenai jalan.

Bacaan Lainnya

Jalan yang mungkin kamu temui akan cenderung bervariasi dan tidak hanya berupa jalan raya yang lurus saja. Tak sedikit jalanan yang juga sempit dan mungkin cenderung sulit untuk dilewati. Oleh sebab itu, kau perlu memperhatikan penjelasan beberapa tips mengemudi di jalan sempit berikut ini.

  1. Perhatikan spion dengan cermat

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memperhatikan bagian spion terlebih dahulu. Anda perlu sering-sering mengecek spion karena memang jalanan yang memang terbilang sempit, sehingga memudahkanmu untuk menabrak setiap sisinya.

Setidaknya dengan memperhatikan spion dengan cermat maka kamu bisa menghindari risiko menabrak sisi mobil secara cermat. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk memperhatikan spion dengan seksama.

  1. Selalu bunyikan klakson di persimpangan jalan

Beberapa area jalan yang sempit memang biasanya memiliki persimpangan tersendiri yang perlu kamu lewati. Memang bagian persimpangan tersebut menjadi salah satu hal yang perlu kamu antisipasi apabila melewati jalanan yang sempit.

Alasannya karena memang apabila ada kendaraan lain yang juga melintas di persimpangan tersebut, maka akan menyulitkanmu untuk lewat. Oleh sebab itu, menyalakan klakson di setiap persimpangan bisa menjadi pilihan yang dapat kamu lakukan, sehingga bisa mencegah hal yang tidak diinginkan.

  1. Mengatur kecepatan dengan cermat

Hal yang juga perlu kamu perhatikan pada saat melewati jalanan sempit adalah mengatur kecepatan dengan cermat. Bagaimana pun juga kamu tentu tidak bisa berkendara dengan mudah selayaknya di jalanan raya, sehingga kecepatanmu perlu diatur dan disesuaikan.

Memang biasanya untuk berkendara di jalanan yang sempit maka kecepatan yang digunakan juga tidak boleh terlalu kencang. Hal ini bertujuan agar mobilmu tidak sampai menabrak tepian sesi jalan, sehingga tetap bisa melaju dengan lancar.

  1. Selalu nyalakan lampu sein

Pada saat kamu mengemudikan mobil di jalanan yang sempit maka biasakan untuk selalu menyalakan lampu sein apabila memang berniat untuk belok. Hal ini karena memang kendaraan yang berada di belakangmu mungkin tidak bisa melihat secara mudah, sehingga kamu perlu memberikan sinyal apabila ingin belok.

Setidaknya dengan menyalakan lampu sein terlebih dahulu maka dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan demikian, maka proses mengemudi pun bisa berjalan dengan lancar.

  1. Jangan bermanuver berlebih

Kamu perlu tahu bahwa mengemudikan mobil jalanan yang sempit jelas berbeda jika dibandingkan dengan mengemudikan mobil di jalan raya. Kamu mungkin tidak akan bisa bebas bermanuver apabila mengendarai mobil di jalanan yang sempit, sebab memang luas jalanannya yang terbatas.

Jika kamu bermanuver berlebih pada saat mengendarai mobil jalan sempit, maka jelas akan menimbulkan bahaya. Kamu mungkin mudah menabrak sisi-sisi jalanan, sehingga perlu benar-benar ekstra lurus pada saat mengemudikannya.

Ternyata memang mengemudikan mobil perlu dilakukan dengan cara yang cermat dan penuh kehati-hatian. Hal ini penting agar nantinya tidak sampai menimbulkan bahaya ataupun risiko tersendiri.

Itulah penjelasan beberapa tips mengemudi di jalan sempit. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait