3 Cara Meredam Knalpot Racing

Cara meredam knalpot racing
Gunakan peredam suaraIni adalah solusi yang paling mudah dan terjangkau untuk Anda yang menggunakan knalpot racing. Menggunakan peredam setidaknya bisa mengurangi kebisingan suara knalpot. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Memakai knalpot racing memang bisa mendongkrak performa mesin. Tapi banyak yang menganggap suara knalpot racing itu terlalu memekakkan telinga.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Kalau Anda memakai knalpot racing di sirkuit mungkin tidak akan ada masalah. Tapi kalau untuk wara-wiri harian, melewati jalan-jalan sempit yang padat, pasti akan memicu masalah. Sebab orang yang terganggu dengan suara knalpot tersebut bisa jadi akan marah.

Selain itu penggunaan knalpot racing juga bisa membuatmu ditilang oleh polisi. Karena itu kalau bisa pakai knalpot standar saja. Tapi kalau tetap mau menggunakan knalpot racing, sebaiknya jangan sampai suaranya mengganggu orang lain.

Berikut ini beberapa tips atau cara meredam knalpot racing. Penasaran kan? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Gunakan peredam suara

Ini adalah solusi yang paling mudah dan terjangkau untuk Anda yang menggunakan knalpot racing. Menggunakan peredam setidaknya bisa mengurangi kebisingan suara knalpot. Cara pemasangannya pun gampang. Karena Anda hanya perlu memasukkan peredam ke dalam pipa knalpot.

Meskipun alat peredam ini tidak menurunkan kebisingan knalpot racing secara maksimal, namun cara ini tetap wajib Anda coba. Sebab inilah cara termudah dan mungkin juga termurah untuk menurunkan kadar kebisingan knalpot racing.

2. Mengganti muffler lama

Muffler adalah bagian terpenting dari knalpot Anda. Bagian knalpot ini ada di paling ujung, tapi untungnya Anda bisa menggantinya. Menggunakan muffler bisa membuat knalpot Anda lebih senyap.

Namun sebelum memutuskan mengganti muffler, sebaiknya minta saran dulu dari teman atau mekanik motor. Sebab saat ini banyak sekali varian muffler yang dijual. Jika salah memilih, bisa-bisa muffler baru tersebut malah menurunkan performa motor. So, riset dulu sebelum membeli.

3. Bisa menggunakan silent coat atau dynamat

Untuk knalpot racing mobil, Anda dapat menggunakan tips dan teknik lain untuk membuat knalpot racingmu lebih senyap.

Salah satunya dengan menambahkan keset kedap suara di lantai dan langit-langit interior bersamaan dengan bahan penyerap suara di bagian dalam pintu Anda, seperti silent coat atau dynamat.

Selain itu, ada juga semprotan kedap suara yang dapat membantu Anda untuk memblokir suara bising.

Itulah cara meredam knalpot racing. Sehingga performa ada tapi tidak menganggu ketertiban di jalan raya. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait