30 Guru MI dan SDIT Ikuti Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka

Ketua Harian Kwarcab Pramuka Sawahlunto bersama Kepala Kantor Kemenag Sawahlunto teken MoU kerjasama Pembinaan Kepramukaan. (Foto: RIKI YUHERMAN/SumbarFokus.com)

SAWAHLUNTO (SumbarFokus)

Sebanyak 30 orang guru pembina Pramuka dari pangkalan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) se-Kota Sawahlunto mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Sawahlunto, Kamis-Sabtu (7-9/12/2023), di Aula Kantor Kemenang setempat.

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia KMD Kwarcab Sawahlunto Hamadi mengatakan kegiatan ini sebagai wadah meningkatkan kualitas Pembina Pramuka agar lebih sesuai dengan pola pembinaan dan pengembangan pendidikan kepramukaan di pangkalan masing-masing.

“KMD ini bertujuan memberikan pengetahuan dasar dan pengalaman praktis sebagai bekal untuk pembina dalam membina peserta didik serta mengelola satuan perindukan dan pasukan. Sasaran yang ingin dicapai, peserta dapat memahami dan menerapkan kepramukaan bagi peserta didik,” ujar Hamadi.

Untuk materi jelas Hamadi, meliputi teori dalam kelas selama tiga puluh jam pelajaran (jampel) dan 40 jampel praktek di lapangan. Peserta dibekali dengan metode dan teknik membina, memahami karakter peserta didik dan pengelolaan semua satuan seperti siaga, penggalang dan penegak.

“KMD pembina ini merupakan salah satu wujud upaya gerakan pramuka dalam mempersiapkan generasi muda menjadi generasi yang berwatak, bermoral dan memiliki budi pekerti yang luhur,” ungkap dia.

Ditambahkan Pimpinan Kursus Suminem, pelaksanaan materi dan praktek lapangan diberikan dari unsur Korps Pelatih Kwarcab Sawahlunto dan rencananya akan dilanjutkan dengan kegiatan perkemahan di Bumi Perkemahan Kandi namun belum dipastikan waktu kegiatan perkemahan tersebut.

“Masing-masing pembina akan didampingi korp pelatih guna mencapai narakarya serta mengimplementasikan materi serta praktek lapangan di pangkalan Gudep masing-masing. Harapannya, KMD ini akan mendorong kualitas pembina Gudep guna meningkatkan kopetensi sebagai pembina serta mengairahkan latihan dipangakalan,” sebut Suminem.

Dibuka oleh Ketua Harian Kwarcab Kota Sawahlunto Asril yang dihadiri Kakan Kemenag Kota Sawahlunto Dedi Wandra itu juga dilakukan penandatangan MoU kerjasama pembinaan kepramukaan dan penyerahan sertifikat akreditasi Gudep kepada Gudep SD 17 Pasar Baru Durian, SDIT Islahul Ummah dan MAN kota Sawahlunto. (025)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait