4 Makanan Tinggi Karbohidrat Rendah Gula, Cocok untuk Diet

4 makanan tinggi karbohidrat rendah gula, cocok untuk diet. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Memang benar bahwa karbohidrat seringkali dianggap sebagai musuh dalam program diet karena dapat memengaruhi berat berat badan jika tidak dikonsumsi dengan bijaksana.

Bacaan Lainnya

Namun, ada beberapa makanan tinggi karbohidrat memiliki kandungan gula alami yang rendah. Sehingga cocok bagi orang yang sedang diet.

Berikut adalah makanan tinggi karbohidrat yang kandungan gula didalamnya rendah:

1. Jagung
Meskipun rasanya manis, jagung memiliki indeks glikemik yang relatif rendah karena mengandung sejumlah serat yang cukup tinggi. Serat ini membantu mengurangi penyerapan gula dalam tubuh, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis setelah dikonsumsi. Jagung juga kaya akan nutrisi seperti vitamin B, folat, dan mineral seperti magnesium.

2. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, dan kacang hitam merupakan sumber karbohidrat yang baik dengan kandungan gula alami yang rendah. Mereka juga kaya akan serat, protein, dan lemak sehat, yang membantu menjaga keseimbangan gula darah dan memberikan energi yang tahan lama.

3. Singkong
Singkong adalah sumber karbohidrat yang populer dan sering digunakan dalam makanan tradisional di berbagai belahan dunia. Meskipun memiliki rasa manis, singkong memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi putih atau roti putih. Ini berarti konsumsi singkong tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis. Singkong juga mengandung serat, vitamin, dan mineral penting seperti vitamin C dan mangan.

4. Ubi Jalar
jalar merupakan sumber karbohidrat kompleks yang memiliki kandungan gula alami yang rendah. Ubi jalar juga kaya akan serat, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan, yang semuanya penting untuk kesehatan tubuh. Konsumsi ubi jalar dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah dan memberikan energi yang stabil dalam jangka waktu yang lebih lama.
(BBS/Magang/Halwa)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait