5 Pahlawan Nasional Kurang Dikenal

Dalam sejarah Indonesia yang kaya akan perjuangan, seringkali ada pahlawan-pahlawan yang kisah heroiknya terlupakan. (Foto: Ist./SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Dalam sejarah Indonesia yang kaya akan perjuangan, seringkali ada pahlawan-pahlawan yang kisah heroiknya terlupakan. Anda harus tahu lima dari sekian banyak pahlawan nasional yang mungkin kurang dikenal namanya, namun memiliki kontribusi luar biasa dalam membentuk dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat
  1. Frans Kaisiepo

Ia merupakan salah satu tokoh heroik asal Papua, setelah Indonesia merdeka, dan aktif sebagai utusan Republik dan terus memonitor gerakan perlawanan di Papua untuk mengusir Belanda dari Indonesia. Setelah berhasil melawan penjajah, Frans Kaisiepo menjabat sebagai gubernur di Irian Barat hingga tahun 1973.

  1. Bernard Wilhelm Lapian

Pejuang heroik yang dikenal dengan nama Bernard Wilhem Lapian, lahir di Minahasa. Ia turut berperan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia ini aktif melawan penjajahan Belanda, melanjutkan perjuangannya melawan Jepang, hingga mencapai kemerdekaan. Ia juga memainkan peran kunci dalam peristiwa heroik merah putih pada bulan Februari 1946. Setelah Indonesia merdeka, Lapian mengemban tugas sebagai Gubernur Sulawesi selama satu tahun.

  1. Tan Malaka

Seorang pahlawan yang sangat berjasa dalam dunia pendidikan ialah Tan Malaka. Sebagai seorang guru yang mendapatkan gelar dari Belanda, Ia kemudian mengabdikan diri untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Indonesia. Sayangnya, Belanda tidak mendukung niat baik tersebut, dan akibatnya Tan Malaka harus menghadapi pengasingan.

  1. Surastri Karma Trimurti

Sebagai pahlawan nasional, Trimurti mengalami perjuangan ganda sebagai seorang wartawan dan guru. Ia harus menghadapi tangkapan dan masa penjara. Dengan gigih, Trimurti berupaya memberikan kesadaran kepada masyarakat Indonesia dengan menulis di beberapa surat kabar, memperjuangkan kebebasan pers, ekspresi, serta hak-hak kaum yang tertindas.

  1. Mayor Jenderal H.R. Moehammad Mangoendiprojo

Sosok pahlawan yang pernah memimpin Tentara Keamanan Rakyat (TKR) ini mengalami perjalanan hidup yang penuh liku-liku. Beliau ditangkap dan dipenjarakan oleh pasukan Inggris saat berusaha bertemu dengan seorang Komandan Pasukan Inggris selama peristiwa 10 November.

Mereka mungkin tidak selalu mendapatkan sorotan yang mereka pantas, namun semangat dan dedikasi para pahlawan nasional kurang dikenal ini tetap membimbing kita melangkah ke masa depan dengan harapan dan kebanggaan akan warisan mereka. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait