5 Tips Agar Baterai Laptop Tetap Awet

5 Tips Agar Baterai Laptop Tetap Awet. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Baterai adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam mendukung kinerja laptop. Namun, baterai laptop juga rentan mengalami kerusakan atau penurunan kapasitas jika tidak digunakan atau dirawat dengan baik.

Bacaan Lainnya

Laptop kini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, penggunaan nya pun beragam contohnya untuk menunjang pekerjaan, aktivitas pendidikan dan lainnya.

Namun, ketika menggunakan laptop tentunya anda harus tahu tips ini agar baterai laptop anda tetap bertahan lama dan lebih awet.

1. Jangan Biarkan Baterai Habis Total
Deep discharge atau penggunaan baterai yang benar-benar habis tentunya dapat merusak baterai laptop, hal ini mengakibatkan memory effect atau kehilangan kemampuan menyimpan daya secara optimal. Sebaiknya isi ulang daya baterai ketika mencapai 20-30 persen.

2. Hindari Overcharging
Melakukan isi ulang daya laptop secara terus-menerus atau overcharging juga dapat mempercepat keawetan baterai. Karena pengisian yang terus menerus bisa menyebabkan panas berlebih dan merusak komponen baterai.

3. Gunakan Pengisi Daya Original
Jika anda menggunakan pengisi daya yang tidak original atau palsu, malah bisa menyebabkan laptop baterai laptop rusak karena mengalami lonjakan arus listrik yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop.

4. Matikan Fitur-fitur yang Tidak Diperlukan
Contohnya bluetooth, Wi-Fi, dan keyboard backlight sebaiknya dimatikan saja apabila sedang tidak digunakan.

5. Aktifkan Mode Hemat Daya
Metode ini membantu dalam pengoptimalan penggunaan daya sistem dan dapat memperpanjang masa pakai baterai. (BBS/Magang/Zeni)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait