5 Tips Meminimalisasi Blind Spot

Tips meminimalisasi blind spot
Blind spot sering terjadi akibat posisi kaca spion yang kurang tepat. Maka itu, pengendara kendaraan roda dua atau lebih dianjurkan mengatur kaca spion terlebih dahulu sebelum tancap gas. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Blind spot kerap menjadi masalah bagi pengendara motor maupun mobil. Sebab blind spot adalah bagian yang tak terjangkau pandangan pengendara. Biasanya titik blind spot berada di sisi samping belakang kendaraan.

Bacaan Lainnya

Banyak pengendara yang tidak sadar adanya titik blind spot ini. Padahal titik-titik blind spot bisa menjadi pemicu kecelakaan. Berikut tips meminimalisasi blind spot yang bisa Anda lakukan.

  1. Mengatur kaca spion sebelum tancap gas

Blind spot sering terjadi akibat posisi kaca spion yang kurang tepat. Maka itu, pengendara kendaraan roda dua atau lebih dianjurkan mengatur kaca spion terlebih dahulu sebelum tancap gas. Perlu Anda ingat, posisi kaca spion harus memberikan pandangan ke arah samping dan belakang dengan jelas tanpa mengubah jarak dan bentuk objek yang terlihat.

Mobil memiliki tiga kaca spion yang terletak di bagian tengah dalam mobil, serta kanan dan kiri bagian luar mobil. Nah, guna menghindari blind spot aturlah kaca spion tengah hingga pandanganmu dapat melihat lurus ke belakang mobil.

Sedangkan untuk spion kanan kiri mobil, posisinya sama seperti spion motor. Sebaiknya memperlihatkan sekitar 1/5 bodi kendaraan. Cara ini mampu memberikan pandangan ke arah samping dan belakang dengan jelas tanpa mengubah jarak dan bentuk objek yang terlihat.

  1. Memberi kaca tambahan di spion kendaraan

Meski sudah mengatur posisi spion dengan tepat, biasanya Anda tetap merasa bahwa pandangan masih kurang luas sehingga dikhawatirkan akan mengalami blind spot. Solusinya Anda bisa menambahkan cermin cembung berukuran lebih kecil di pojok atas atau bawah spion kendaraanmu.

Cermin cembung dapat dipercaya menjadi kaca tambahan karena mampu memberi bayangan lebih jauh daripada jarak aslinya. Hal itu tentu membantu memperluas area pandang ke bagian yang terlalu belakang.

  1. Memberi peringatan kepada pengendara lain

Lampu sein juga menjadi salah satu cara menghindari blind spot ketika berkendara. Anda bisa menyalakannya ketika hendak berbelok atau menyalip kendaraan lain yang berada di depan Anda.

Tips ini dilakukan karena sebagai tanda peringatan kepada pengemudi lainnya, agar dapat menurunkan titik buta dan mengurangi risiko kecelakaan. Selain lampu sein, Anda juga bisa memanfaatkan klakson untuk menangani masalah ini.

  1. Jangan menyalip melalui sisi kiri

Wajib berhati-hati apabila ingin menyalip kendaraan yang berada di depan Anda. Sebab pada dasarnya kita tidak direkomendasikan untuk menyalip melalui arah kiri, karena jalur kiri tidak memiliki jarak pandang yang cukup bebas.

Selain itu, perhatikan juga kendaraan yang ada di belakangmu. Pastikanlah bahwa tidak ada kendaraan yang ikut menyalip sehingga memungkinkan terjadinya kecelakaan.

  1. Memanfaatkan fitur modern

Mobil keluaran terbaru saat ini sudah dilengkapi sensor modern. Fitur ini sengaja dirancang untuk membantu pengendara dalam menghindari blind spot. Sensor ini memiliki beberapa versi.

Canggihnya, ada sensor jarak yang sudah terintegrasi langsung dengan rem secara otomatis. Banyak juga kaca spion dengan teknologi terkini yang dijual di market place. Jadi, berkendara menjadi jauh lebih aman dan nyaman.

Itulah penjelasan mengenai tips meminimalisasi blind spot. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait