Aksi Tanam Pohon dan Bersih Pantai Padang, Gubernur Sumbar, PLN Ambil Bagian

PLN Bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumbar menyelenggarakan Gerakan Bersih Pantai, bertempat di Pantai Purus Padang. (Foto: PLN Sumbar/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-dunia Tahun 2023, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumbar menyelenggarakan Gerakan Bersih Pantai, bertempat di Pantai Purus Padang, Senin (19/6/2023).

Bacaan Lainnya

Gerakan Bersih Pantai juga diikuti ratusan peserta dari berbagai instansi pemerintah, BUMN, kader lingkungan, siswa-siswi, dan masyarakat sekitar. Turut hadir pula Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, dan Kadis Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumbar Asben Hendri.

Selain bersih-bersih pantai, PLN UID Sumbar juga berikan bantuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) senilai Rp100 juta kepada Pokdarwis setempat. Bantuan ini adalah berupa 4 unit mini container, 8 unit tempat sampah, 15 unit tempat sampah gantung, 150 buah bibit pohon, dan 2 buah jaring sampah.

Gubernur mengapresiasi PLN yang turut berkontribusi pada aksi pelestarian lingkungan pantai di Sumatera Barat ini. Gubernur berharap semakin banyak perusahaan, institusi, maupun masyarakat di Sumatera Barat yang pedulu dan menyadari pentingnya pelestarian lingkungan.

“Terima kasih kepada PLN, DLH, dan semua partisipan atas kerjasama dan dukungannya dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat dan bernilai, dengan mengadakan Gerakan Bersih Pantai ini. Seperti yang kita ketahui bersama, sampah plastik telah menjadi masalah kita bersama. Kegiatan seperti ini adalah langkah positif yang menunjukkan kita sudah mulai siap memerangi masalah sampah,’’ ungkap Mahyeldi.

Mahyeldi menambahkan, perlu adanya kesadaran semua pihak bahwa perestarian alam Sumatear Barat adalah tanggung jawab bersama.

“Lagipula, apa yang akan kita jaga bersama saat ini akan kembali memberikan manfaat bagi kita di masa depan,’’ tegasnya.

Sementara, General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho mengatakan, kegiatan Gerakan Bersih Pantai ini dilakukan sebagai wujud komitmen PLN dalam mengatasi permasalahan pencemaran lingkungan. Momentum peringatan Hari Lingkungan Hidup, menurutnya, dirasa tepat untuk membangun kepedulian masyarakat untuk bersama-sama melakukan aksi bagi lingkungan.

‘’Melalui kegiatan ini, PLN dan DLH Provinsi Sumbar berhasil mengumpulkan 636 kilogram sampah. Tentu lewat kegiatan ini kami ingin seluruh insan PLN dan masyarakat memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan kualitas lingkungan di Kota Padang, yaitu lingkungan yang lebih bersih dan hijau,” tambah Eric.

Gerakan yang dilakukan PLN ini juga merupakan komitmen perseroan terhadap prinsip Environmental, Social and Governance (ESG), yaitu dalam menciptakan kelestarian lingkungan. ‘’PLN terus berkomitmen untuk mendukung program lingkungan, mendukung pengelolaan hutan yang berkelanjutan, serta berupaya menghentikan kepunahan keanekaragaman hayati seperti landasan pada Sustainable Developments Goals (SDGs) ke-15,’’ jelas Eric.

Kontribusi PLN dalam memberikan solusi penanganan sampah Kota Padang, tambah Eric, juga diimplementasikan lewat beberapa bantuan TJSL kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang bergerak dalam pengelolaan limbah sampah, seperti KUBE MinaGot Sumbar yang bergerak dalam pengelolaan sampah organik dengan budidaya maggot, kemudian KUBE Bank Sampah Pasie Nan Tigo yang bergerak dalam usaha kreatif pengolahan limbah sampah unorganik.

Sebelumnya, beberapa hari yang lalu, PLN UID Sumbar juga telah melakukan kegiatan serupa, yaitu Aksi Bersih Pantai dan Tanam Pohon, di sekitaran Pantai Air Manis, Sabtu (10/6/2023). Kegiatan tersebut merupakan bagian atau turunan dari Kegiatan Bersih-Bersih Pesisir atau Coaster Clean Up yang diadakan oleh PT PLN (Persero) Kantor Pusat bersama Dinas Lingkungan dan Kehutanan (DLHK), dan diikuti secara serentak oleh PLN Unit Induk di seluruh Indonesia. (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait