Antisipasi Banjir Susulan di Agam, Pemuda Pasar Rabaa Bersihkan Gorong-Gorong

Antisipasi Banjir Susulan di Agam, Pemuda Pasar Rabaa Bersihkan Gorong-Gorong. (Foto: Pemkab Agam/SumbarFokus.com)

AGAM (SumbarFokus)

Warga di Jorong Pasar Rabaa, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya melakukan aksi gotong royong pembersihan gorong -gorong yang menyumbat aliran sungai, Kamis (20/6/2024).

Bacaan Lainnya

Sejumlah warga turun ke sungai untuk membersihkan tumpukan sampah yang tersumbat di gorong- gorong jembatan. Pembersihan dilakukan secara manual agar aliran air sungai kembali normal.

“Pembersihan kami lakukan sebagai bentuk antisipasi banjir susulan agar tidak terjadi di wilayah Jorong Pasar Rabaa,” kata salah seorang warga, Agung Hendri.

Walinagari Koto Kaciak Syawaldi menyebutkan, sebelumnya banjir luapan air sungai terjadi pada Rabu (19/6/2024) malam akibat hujan dengan intensitas tinggi selama 2 jam.

Diketahui, sejumlah rumah warga dan sarana pendidikan tingkat SMP ikut terendam banjir akibat luapan air sungai.

“Banjir akibat luapan air sungai terjadi tadi malam, dan merendam beberapa rumah warga dan 1 sekolah SMP di Jorong Pasar Rabaa,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengapresiasi warga dan pemuda Jorong Pasar Rabaa yang telah berinisiatif melakukan gotong royong pembersihan sampah yang tersumbat di gorong -gorong jembatan.

Hal ini, katanya, agar aliran air sungai yang berhilir ke Danau Maninjau bisa kembali lancar.

“Kita sangat apresiasi warga dan pemuda yang sudah melakukan aksi gotong royong membersihkan sampah di aliran sungai. Mudah-mudahan dengan upaya ini, bencana banjir tidak terjadi lagi di wilayah tersebut,” katanya.

Selain itu, ia mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai karena akan menyebabkan aliran sungai tersumbat dan mengakibatkan terjadinya banjir. (000/007)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait