Apa itu Kalimat Pasif?

Pengertian Kalimat Pasif
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Pengertian Kalimat Pasif

Bacaan Lainnya

Sebelum kita masuk ke pembahasan pengertian kalimat pasif, terlebih dahulu kita akan membahas tentang pengertian kalimat. Menurut buku Pembentukan Kata-Kata dalam Bahasa Indonesia (Kridalaksana: 1991), kalimat adalah  gagasan yang relatif mandiri yang memiliki intonasi akhir dan terdiri dari beberapa klausa.

Kalimat pasif adalah kalimat dimana subjeknya menerima perlakuan, tindakan, atau memberikan beberapa kata kerja dalam kegiatan atau tindakannya. Dengan arti lain, kalimat pasif menunjukkan bahwa subjek adalah bagian dari tujuan dari suatu tindakan yang dilakukan atau telah dilakukan. Dalam struktur kalimat pasif, subjek menjadi bagian sosok dari suatu tindakan atau kegiatan. Subjek dalam kalimat pasif tidak berada pada posisi subjek, tetapi peran subjek diambil oleh objek.

Kalimat pasif adalah jenis kalimat yang muncul dari proses kalimat aktif yang dipasifkan. Di sisi lain, kalimat pasif adalah jenis kalimat berdasarkan subjek kalimat. Dalam kalimat pasif, subjek adalah subjek dari suatu tindakan. Pada umumnya, predikat yang digunakan dalam kalimat pasif biasanya diawali dengan awalan ter- dan di-.

Menurut Chaer dalam sumber yang sama, membentuk kalimat dari kalimat aktif dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

  • Mengubah objek kalimat aktif menjadi subjek kalimat.
  • Ubah subjek kalimat aktif menjadi objek kalimat pasif.
  • Mengubah bentuk kata kerja yang diawali dengan to- menjadi kata kerja yang diawali dengan di-.

Meskipun disebut kalimat pasif aktif, ada kalimat pasif yang tidak muncul karena kalimat pasif.

Kalimat pasif adalah kalimat dengan subjek perlakuan atau perbuatan. Bentuk kalimat ini memiliki predikat dalam bentuk verba yang diawali dengan di- dan ter- pada preposisi. Selain itu, kalimat pasif ditambahkan akhiran -i dan -di -…- kan. Penting untuk dicatat bahwa predikat kalimat pasif dimodifikasi dibandingkan dengan predikat pasif.

Kalimat pasif berbeda dengan kalimat aktif. Subjek kalimat aktif akan melakukan sesuatu, dan kata pertama dimulai dengan penambahan ber- atau me-. Contoh kalimat aktif adalah Rani membersihkan halaman.

Itulah penjelasan mengenai pengertian kalimat pasif. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait