Atasi Suhu Panas di Indonesia

Langit cerah pertanda suhu panas di Kota Padang. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Awal tahun 2024 diwarnai dengan musim pancaroba. Suhu panas seringkali melanda berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini menimbulkan ketidaknyamanan.

Bacaan Lainnya

Mengatasi suhu panas, terutama saat cuaca panas atau di lingkungan yang memiliki suhu tinggi, dapat membantu Anda merasa lebih nyaman dan menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi suhu panas:

1. Minum Air Secukupnya
Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan minum air secukupnya. Air membantu menjaga suhu tubuh dan mencegah dehidrasi. Hindari minuman beralkohol dan berkafein karena dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

2. Kenakan Pakaian yang Tepat
Gunakan pakaian yang longgar, berbahan ringan, dan berwarna cerah untuk menghindari penyerapan panas. Topi atau payung juga dapat memberikan perlindungan tambahan dari sinar matahari langsung.

3. Cari Tempat yang Teduh
Hindari berada di bawah sinar matahari langsung, terutama pada jam-jam terpanas di siang hari. Cari tempat teduh seperti pohon atau bangunan untuk melindungi diri dari panas yang berlebihan.

4. Gunakan Kipas atau AC
Jika memungkinkan, gunakan kipas angin atau air conditioner (AC) untuk menyejukkan udara di dalam ruangan. Pastikan ruangan terlalu dingin agar tidak menyebabkan kondisi lain seperti flu.

5. Menggunakan Perlengkapan Penyejuk Tubuh
Gunakan kain dingin atau handuk basah pada leher atau dahi. Anda juga dapat menggunakan kipas angin kecil atau semprotan air untuk memberikan sensasi dingin.

6. Mengonsumsi Makanan Ringan dan Sejuk
Pilih makanan ringan, seperti buah-buahan segar atau makanan berair, yang dapat membantu menyejukkan tubuh. Hindari makanan berat yang dapat meningkatkan produksi panas tubuh.

7. Beristirahat Secara Teratur
Dalam cuaca panas, istirahat yang cukup penting untuk mencegah kelelahan dan panas tubuh berlebihan. Jangan ragu untuk beristirahat dalam ruangan yang sejuk jika perlu.

8. Menghindari Aktivitas Fisik Berlebihan
Batasi aktivitas fisik yang intens di bawah sinar matahari langsung. Jika memungkinkan, pilih waktu di pagi atau sore hari yang lebih sejuk untuk berolahraga.

9. Gunakan Produk Penangkal Matahari
Gunakan tabir surya dengan SPF tinggi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berlebihan.

10. Menggunakan Kompres Dingin
Jika Anda merasa terlalu panas, gunakan kompres dingin di area seperti pergelangan tangan, leher, atau kaki.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki toleransi terhadap suhu yang berbeda, dan kondisi kesehatan tertentu dapat memengaruhi cara tubuh merespon panas. Jika Anda atau orang di sekitar Anda mengalami gejala panas berlebihan seperti pusing, mual, atau kelelahan yang ekstrem, segeralah mencari bantuan medis. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait