Bantu Perempuan Rentan, Srikandi PLN Listriki Rumah Asnida

Terbaru, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat melalui srikandi-nya nyalakan mimpi terang Asnida dengan penyambungan listrik gratis, Senin (1/7/2024). (Foto: PLN Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Lima tahun kepemimpinan Erick Thohir, Srikandi PLN semakin giat melakukan aksi sosial. Salah satu program Srikandi PLN adalah Pemberdayaan Perempuan Rentan guna mendukung pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Terbaru, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat melalui srikandi-nya nyalakan mimpi terang Asnida dengan penyambungan listrik gratis, Senin (1/7/2024).

Bacaan Lainnya

Asnida merupakan perempuan rentan dari Kelurahan Banuaran Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Dengan fisik lemah dan psikis rentan, Asnida hanya tinggal bersama seorang keponakan yatim piatu. Rumah Asnida bertahun-tahun tidak tersentuh listrik. Lewat bantuan listrik gratis Program Light Up The Dream (LUTD), kehidupan Asnida harapannya dapat lebih baik dan produktif.

Marlina, adik Asnida mengatakan, dengan masuknya listrik ke rumah Asnida maka ia dapat mandi di rumahnya serta beraktivitas dengan lebih nyaman.

‘’Saya tinggal jauh. Kasihan kakak harus mandi ke rumah tetangga setiap hari. Setelah masuk listrik kami akan carikan mesin air agar kakak bisa mandi di rumah. Semoga kehidupan kakak juga lebih baik setelah masuknya listrik,’’ katanya.

Disampaikan Yenti Elfina, Manager Komunikasi dan Tanggungjawab Sosial Lingkungan yang juga Wakil Champion Srikandi PLN UID Sumbar, bantuan biaya sambungan listrik gratis atau Light Up The Dream ke rumah Asnida adalah dana donasi yang terkumpul dari srikandi-srikandi PLN UID Sumbar secara sukarela dan spontan.

‘’Dana ini kami kumpulkan secara sukarela dan diimplementasikan untuk berbagai program sosial, baik pemberdayaan perempuan, pemberdayaan kelompok rentan, program peduli anak, maupun program kesehatan ibu dan anak,’’ sampainya.

Srikandi PLN UID Sumbar juga terlibat aktif dalam Program TJSL, program volunteer, pelatihan pemberdayaan perempuan, dan lain sebagainya. Yenti menyampaikan, Srikandi PLN sebagai bagian dari struktur organisasi Srikandi BUMN bertugas untuk ikut berperan aktif mewujudkan kemandirian ekonomi.

‘’Program Srikandi PLN secara nasional yang diturunkan pada awal Tahun 2023 disebut Srikandi PLN Movement, gerakan ini dilakukan oleh srikandi atau pegawai perempuan PLN dengan membantu dan mengedukasi masyarakat sekitar sehingga terwujud kemandirian ekonomi ,’’ sampai Yenti.

Sementara itu Eric Rossi Priyo Nugroho, General PLN UID Sumatera Barat menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada para Srikandi PLN yang sudah menggagas kegiatan ini. Menjadi kebahagiaan bagi PLN dapat menghadirkan terang di rumah Asnida.

‘’Apresiasi untuk para srikandi yang sudah melakukan kegiatan ini. Semoga Asnida semakin berdaya. Hadirnya terang di kediaman Asnida juga akan menjadi terang bagi kehidupannya. Karena kesempatan untuk kehidupan yang lebih baik adalah milik semua orang,’’ tutur Eric.” (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait