Banuhampu dan Malalak Kini Lebih Dekat dengan PLN

Tingkatkan kepedulian dan pengetahuan masyarakat terkait keselamatan kelistrikan (K2) serta produk dan layanan PLN. (Foto: PLN Sumbar/sumbarfokus.com)

AGAM (SumbarFokus)

Tingkatkan kepedulian dan pengetahuan masyarakat terkait keselamatan kelistrikan (K2) serta produk dan layanan PLN, PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Koto Tuo dibawah koordinasi Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bukittinggi gelar sosialisasi kepada perangkat kecamatan, bertempat di Aula Kecamatan Malalak, Kamis (14/9/2023).

Bacaan Lainnya

Senada dengan tema sosialisasi; Lebih Dekat dengan PLN, kegiatan ini adalah upaya PLN menjadikan seluruh perangkat nagari lebih kenal dan dekat dengan layanan PLN, produk-produk PLN, serta mengerti cara menggunakan listrik dengan aman dan terhindar dari potensi bahaya.

Kepada puluhan perangkat camat, Manager PLN Koto Tuo Hilmy menyampaikan kemudahan layanan dalam satu genggaman pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile. PLN Mobile merupakan layanan terintegrasi dengan menyediakan berbagai fitur layanan dan pengaduan. Aplikasi ini juga selalu menyajikan informasi terkini seputar kelistrikan.

Ia juga menyampaikan perihal aplikasi PLN Mobile yang memudahkan masyarakat berinteraksi dengan petugas tanpa berkunjung langsung ke kantor PLN, karena proses pasang baru, perubahan daya, hingga pengaduan dan keluhan kini dapat diakses melalui PLN Mobile.

Di temui ditempat berbeda, Manager PLN UP3 Bukittinggi Rudi Hamiri menyampaikan pentingya edukasi terkait produk dan layanan terbaru PLN, memperkenalkan PLN Mobile, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai manfaat sekaligus potensi bahaya listrik.

‘’Kami berkomitmen untuk terus dekat dengan masyarakat, meng update berbagai informasi kelistrikan sekaligus menjelaskan terkait potensi bahaya listrik. Bahaya yang timbul oleh listrik dapat terjadi dalam beberapa bentuk, salah satunya hubungan arus pendek atau korsleting listrik yang bisa berakibat fatal. Maka masyarakat perlu tahu tentang do’s and don’t dari kelistrikan,’’ jelas Rudi.

Guna menghindari potensi bahaya listrik, masyarakat harus konsisten menjaga jarak aman untuk beraktivitas di sekitar jaringan listrik.

‘’Jangan membakar sampah di bawah kabel jaringan listrik karena hawa panas berpotensi menimbulkan lecet pada kabel. Jaga jarak plafon rumah minimal 3 meter dari jaringan listrik, kemudian merelakan pohon dipangkas atau ditebang oleh petugas apabila sudah mendekati jaringan listrik.,’’ imbuh Rudi lagi.

Jika menemukan potensi bahaya listrik, masyarakat dapat melaporkan kepada PLN melalui aplikasi PLN Mobile.

‘’Silahkan laporkan dan petugas kami akan bergerak cepat untuk antisipasi atau perbaikan,’’ lanjut Rudi.

Sebelumnya di tempat terpisah, pada Kamis (7/9/2023), PLN juga hadir di Aula Kecamatan Malalak, adakan kegiatan yang sama. Kepada sekitar 50 perangkat Kecamatan Malalak, tim PLN UP3 Bukittinggi sosialisasikan terkait produk dan layanan PLN serta K2.

Melalui sosialisasi-sosialisasi tersebut, Rudi berharap, seluruh perangkat camat dapat menjadi mitra PLN untuk mengedukasi atau menginformasikan mengenai kelistrikan, produk dan layanan PLN, maupun K2. Hal ini karena kecamatan adalah salah satu institusi yang dekat dengan masyarakat atau bersentuhan langsung dengan masyarakat.

‘’Kami mengajak Bapak Ibu perangkat camat untuk menjadi mitra PLN dengan meneruskan informasi terpercaya tentang kelistrikan dan K2 kepada masyarkat. Kami berharap masyarakat semakin dekat dengan PLN dan lebih aware terhadap cara aman memakai listrik,’’ lanjut Rudi.

Senada dengan Rudi, Camat Malalak Rahmat Fajri menyampaikan, sosialisasi ini akan menambah pengetahuan seluruh peserta mengenai produk dan layanan kelistrikan serta K2.

‘’Kami antusias menginformasikan informasi-informasi ini kepada masyarakat, mengingat listrik adalah aspek yang sangat dekat dengan masyarakat. Terima kasih kepada PLN yang sudah menginisiasi kegiatan baik ini,’’ sampainya. (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait