Banyak Prestasi Diraih DPRD Sumbar, Ini Dia Sosok Sekwan Raflis yang Sumbang Banyak Peran

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah mencapai amat banyak prestasi. (Foto: DPRD Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah mencapai amat banyak prestasi. Prestasi-prestasi ternyata tak lepas dari lecut tangB sang Sekretaris Dewan (Sekwan), Raflis, yang memang telah terbilang sangat senior menjabat, yaitu selama 9,5 tahun di DPRD Sumbar.

Bacaan Lainnya

Namun bukannya menyombong, Raflis selalu mengakui, bahwa seluruh prestasi yang merupakan buah dari perannya tersebut, tak lain merupakan keberhasilan bersama antara jajaran sekretariat ditambah dukungan penuh dari 65 anggota dewan Sumbar.

Tak hanya bejibun prestasi yang dicapai, DPRD Sumbar juga semakin prestisius di masa Raflis, dengan tampilan yang lengkap fasilitas, seperti dibangunnya Gedung Komisi berlantai enam dengan ruang rapat yang mudah diakses, dan anggota dewan diberi ruangan sendiri lengkap dengan kursi tamu, kulkas, televisi, dan fasilitas lainnya.

Selain itu, di masa Raflis Sekwan saat ini, juga terlihat telah ada sebuah masjid yang megah, yang ternyata memang dibangun dengan anggaran cukup besar. Masjid itu terletak di sisi kiri gedung utama DPRD. Selain anggota dewan dan pegawai Sekretariat, masjid juga dapat diakses oleh masyarakat umum untuk beribadah. Dilengkapi dengan lift, ruangan IT, Perpustakaan, dan Pojok Baca, masjid terasa sangat kondusif bagi jamaah dan masyarakat yang ingin menambah ilmu.

Di sisi paling depan kantor DPRD, juga terdapat videotron berukuran besar.

“Semua demi keindahan dan kenyamanan masyarakat dalam memandang DPRD, termasuk saat menyampaikan aspirasi. Jika semua indah dan nyaman, masyarakat datang ke DPRD tentu akan lebih senang dan bahagia saat menyampaikan aspirasinya,” kata Raflis.

Selama memimpin Sekretariat DPRD, prinsip berbuat yang terbaik telah memperlihatkan bahwa prestasi yang diraih memang tidak mengkhianati kinerja selama ini. Di tahun 2016, Raflis dinobatkan berada di peringkat ke-2 Keterbukaan Informasi Publik se-Sumatera Barat dari Komisi Informasi Sumbar. Selanjutnya tahun 2018, menjadi pemenang lomba penulisan berita antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumbar dalam mendukung Hari Pers Nasional.

Kemudian, di tahun 2019, dia dinobatkan sebagai Tokoh Peduli Penyiaran Sumbar dan kembali menorehkan penghargaan keterbukaan informasi publik se-Sumbar kategori OPD dengan prediket “Menuju Informatif”. Sedangkan di tahun 2020, Raflis berhasil mejadikan Sekretariat DPRD Sumbar meraih predikat “Informatif”.

Keberhasilan Pria kelahiran Lubuk Sarik Kambang, Kabupaten Pesisir Selatan tersebut tidak hanya sampai di situ saja. Proses kinerja yang baik, telah menjadikan Sektretariat DPRD Sumbar mendapat peringkat ke-8 Inovatif Government Award di tahun 2020.

Tembus secara nasional, Raflis juga mendapatkan apresiasi atas terintegrasinya sistem JDIH Sekretariat DPRD Sumbar dengan JDIH Nasional oleh Kemenkum HAM di tahun 2021. Di tahun yang sama, juga diikuti penghargaan mitra terbaik dalam kegiatan produksi dan penyiaran oleh Ketua LPP TVRI Sumbar dan peringkat ke-6 Innovation Government Award.

Kemudian, pada tahun 2022, penghargaan Keterbukaan Informasi Publik dengan predikat “Badan Publik Informatif” se-Sumbar dan peringkat 1 penghargaan Keterbukaan Informasi Publik se-Sumbar juga diraih. Kemudian, juga mendapatkan penghargaan “Mitra Kerja Terbaik” oleh TVRI Sumbar dan peringkat ke-5 Innovation Government Award dari Gubernur Sumbar.

Tahun 2022, Raflis juga menerima penghargaan Sekretariat DPRD Sumbar yang telah memiliki pojok baca dan perpustakaan serta meraih poin 99,79 penilaian hasil kinerja OPD Pemprov Sumbar dan poin 78,98 penilaian kinerja inovatif. Penghargaan lain juga diterima, yaitu Penghargaan Achievement Motivation Person.

Sedangkan di tahun 2023, pria lulusan STIH Painan itu, dipercaya mewakili Sumatera Barat untuk anugerah Tinarbuka dalam peringatan Hari Keterbukaan Informasi (HAKIN). Selanjutnya, dia juga membawa Sekretariat DPRD Sumbar menerima Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik tingkat OPD se-Sumbar sebagai OPD yang “Informatif”.

Tak disangka, hasil lecut tangan ini adalah hasil lecut tangan dari seorang mantan loper koran. Benar-benar perjalanan hidup Raflis bisa memberi hikmah pada semua! (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait