Berlangsung Meriah, Penas KTNA ke-XVI di Padang Dibuka Menko Perekonomian

Penas KTNA ke-XVI tahun 2023 di Kota Padang, Sumbar, dibuka langsung oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, secara virtual, Sabtu (10/6/2023). (Foto: Pemko Padang/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-XVI tahun 2023 di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), dibuka langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartanto, secara virtual, Sabtu (10/6/2023).

Bacaan Lainnya

Dalam pembukaan tersebut Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo yang hadir secara virtual atau tidak secara langsung.

“Saya sampaikan permintaan maaf, Presiden Joko Widodo tidak bisa hadir langsung,” ungkapnya dan didengar oleh seluruh undangan yang memadati Lanud Sutan Sjahrir, Padang.

Menko Airlangga Hartarto menyampaikan, pemerintah patut bangga pada KTNA. Dia juga berharap petani dapat menghasilkan pangan dari ancaman global pangan lokal, sebab Indonesia mampu memenuhi kebutuhan pangan sendiri.

Seperti diketahui, pembukaan Penas KTNA tersebut dilaksanakan di Lanud Sutan Sjahrir, Padang yang dihadiri sebanyak 23.780 peserta dari 37 provinsi di Indonesia. Paling banyak dari Sumbar selaku tuan rumah, yakni 3.000 orang, Sumatera Utara 1.790 orang, dan Riau 1.500 orang. Helat ini dihadiri oleh 14 orang Gubernur serta 293 Bupati dan Wali Kota se-Indonesia.

Pembukaan Penas Tani tersebut rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo, namun batal, dan diwakili oleh Menko Erlangga Hartarto secara virtual zoom. (000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait