Bupati dan Wabup Pasbar Lepas 331 Jemaah Calhaj Tahun 2024

Sebanyak 331 jemaah calon haji asal Pasaman Barat, saat acara pelepasan di Aula Kantor Bupati setempat, Kamis (16/5/2024). (Foto: WISNU A. UTAMA/SumbarFokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), melepas sebanyak 331 jemaah Calon Haji (calhaj) tahun 2024. Acara pelepasan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Bupati setempat, Kamis (16/5/2024).

Bacaan Lainnya

Acara pelepasan itu dihadiri oleh Bupati Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto, dengan ditandainya pemasangan kacu secara simbolis kepada jemaah haji dan penyerahan bendera rombongan.

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, dalam sambutannya, mengucapkan selamat atas keberangkatan calon jemaah haji Pasaman Barat yang akan berangkat pada 20 Mei 2024. Ia berpesan kepada seluru jemaah calon haji, agar senantiasa menjaga kesehatan dan fokus dalam menjalankan ibadah selama berada di tanah suci.

“Alhamdulillah, kita telah menunggu bertahun-tahun, dan sekarang tiba waktunya Bapak dan Ibu dipanggil oleh Allah ke tanah suci, untuk tahun 2024 ini jemaah haji dari Pasaman Barat terbanyak setelah Kota Padang dan Kabupaten agam, kami juga memohon doa kepada Bapak-Ibu agar kampung halaman kita dilindungi dan dijauhkan dari musibah dan marabahaya,” ucapnya.

Di samping itu, laporan panitia yang disampaikan oleh Kakankemenag Pasaman Barat Rali Tasman menyebutkan, bahwa jemaah calon haji Pasaman Barat berjumlah 331 orang yang terdiri dari 148 jemaah laki-laki dan 183 jemaah perempuan. Petugas dan jemaah akan berangkat pada tanggal 20 Mei dan kembali pada 1 juli 2024 mendatang. Dua jemaah dari Pasaman Barat akan bergabung dari Kabupaten Pasaman dan Pesisir Selatan.

“Jemaah haji tertua dari Pasaman Barat berusia 83 tahun atas nama Nurhilal asal Kecamatan Lembah Melintang, dan jemaah termuda atas nama Raisa Fitria berusia 21 tahun asal Kecamatan Kinali,” paparnya.

Ditambahkan, turut mendampingi jemaah diantaranya petugas ketua kloter, pembimbing ibadah, petugas kesehatan, paramedis, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga tim pemandu haji daerah yakni Sekda Hendra Putra, Yandri, dan Hartasani. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait