PMI Pasbar Kirim Relawan untuk Membantu Penanganan Banjir Bandang di Sungai Pua Agam

Ketua PMI Pasaman Barat Risnawanto, saat menyerahkan peralatan untuk para relawan yang membantu penanganan bencana banjir bandang di Sungai Pua Kabupaten Agam, Rabu (15/5/2024). (Foto: PMI Pasaman Barat/SumbarFokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Enam orang relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) dilepas oleh Wakil Bupati Risnawanto yang juga selaku Ketua PMI Pasaman Barat menuju Sungai Pua Kabupaten Agam.

Bacaan Lainnya

Ketua PMI Pasaman Barat juga melakukan penyerahan secara simbolis sembako untuk relawan pendonor bersama FIF di Markas PMI setempat, Rabu (15/5/2024).

Relawan PMI yang berangkat menuju Sungai Pua Kabupaten Agam untuk membantu penanganan musibah banjir bandang membawa peralatan berupa satu unit Ranger, satu unit KLX, satu unit mesin steam dan tong, empat buah cangkul, dua buah sekop, empat unit HT, 12 karung beras, delapan kardus indomie, masker non medis sebanyak 1.000 pcs.

Wakil Bupati Risnawanto mengatakan, bahwa respon darurat terhadap bencana banjir bandang dan lahar dingin yang terjadi di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar serta Kota Padang Panjang mengundang banyak perhatian dan keprihatinan.

“Sebagai wujud perhatian dan kemanusiaan, kita membantu meringankan beban saudara-saudara yang berada di sana, karena bencana dan musibah tidak diketahui kapan datangnya, pastinya uluran tangan dari kita khususnya relawan kemanusiaan PMI Pasaman Barat sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Selain relawan dari PMI Pasaman Barat, Dinas Sosial dan Pramuka juga terlibat dan akan datang ke lokasi bencana. Relawan itu juga akan membantu masyarakat setempat dan membuat dapur umum, serta trauma healing.

Ditambahkan, Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pihak FIF dalam program donor darah, yang telah melakukan donor darah untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan, dikarenakan tingginya permintaan dari masyarakat kita sehingga tahun ini target darah sebanyak lima ribu kantong.

“Semoga misi kemanusiaan dalam membantu sesama ini menjadi amal ibadah untuk kita semua, dan tentunya dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan,” pungkasnya. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait