Cara Memelihara Ikan Cupang

Memelihara Ikan Cupang
llustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Memelihara ikan cupang, pada masa kini menjadi hobi yang sedang tren. Ada berbagai alasan untuk orang memelihara ikan cupang, misalnya untuk mempercantik ruangan, mengisi waktu luang, menghilangkan stress, hingga karena peluang bisnisnya yang menjanjikan. Anda pun mungkin sering melihat ikan cupang yang cantik dan menarik untuk diposting oleh keluarga maupun teman Anda.

Bacaan Lainnya

Melihat konten seperti itu terkadang membuat kita untuk ikut tergiur ingin memiliki juga! Salah satu faktor yang menjadikan seseorang ragu untuk memelihara binatang ialah adanya kekhawatiran dalam merawatnya. Nah, bila hal tersebut merupakan kekhawatiran Anda dalam memelihara ikan cupang, tenang saja. Tak perlu risau lagi, Anda dapat menyimak berbagai cara merawat ikan cupang supaya ikan tumbuh sehat, ada berbagai cara tepat untuk merawatnya. Ini dia 11 cara memelihara ikan cupang dengan baik dan benar:

  1. Memilih Wadah

Tak begitu sulit untuk memilih wadah yang pas bagi ikan cupang. Sebab, ikan yang satu ini bahkan dapat hidup di wadah toples. Meskipun demikian, disarankan bagi Anda untuk memakai wadah dengan diameter 20x15x15cm atau sekitar 3 liter, supaya ikan cupang Anda bisa bergerak dengan leluasa. Akan tetapi, wadah yang terlalu besar akan lebih sulit untuk dibersihkan apabila dibandingkan dengan wadah yang lebih kecil.

  1. Perhatikan Jenis dan Volume Air

Tidak hanya wadahnya, Anda juga harus memperhatikan air yang akan digunakan untuk ikan cupang hidup. Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan air tawar. Sangat direkomendasikan untuk Anda menggunakan air yang berasal dari PAM maupun air sumur yang telah diendapkan selama sekitar satu hari.

Perihal volume air, ada berbagai macam pendapat. Ada yang mengatakan bahwa ikan cupang bisa tinggal di kolam kecil, tetapu ada beberapa yang mengatakn bahwa ikan cupang seharusnya tinggal di kolam yang besar. Sebab, ikan cupang di alam liar hidup di perairan dangkal yang memiliki volume air banyak.

Selain itu, ukuran tangki yang besar serta volume air yang banyak bisa memudahkan untuk siklus nitrogen dan mempertahankan suhu air. Dikatakan bahwa volume air di kolam ikan cupang setidaknya 2,5 galon hingga 5 galon.

  1. Menjaga Kebersihan Air

Selain jenis air dan volumenya, kebersihan dari air pun harus diperhatikan. Ganti air kolamnya 2-3 kali sehari, ya. Jangan lupa juga untuk lagi-lagi, endapkan dahulu air yang akan digunakan setidaknya selama semalam. Hal ini dilakukan untuk membuat zat kimia yang ada pada air mengendap, sehingga tidak membahayakan ikan.

  1. Memberi Makan

Ikan cupang merupakan ikan karnivora. Ikan cupang bisa diberi makan cacing, serangga, larva serangga maupun pelet untuk cupang. Berilah ikan cupang makan sebanyak dua kali dalam sehari.

Makanan yang bergizi dapat menjadikan ikan cupang Anda mempunyai pertumbuhan yang baik dan sehat pula.

  1. Jemur di Bawah Matahari

Tak hanya manusia, ternyata ikan cupang juga butuh untuk berjemur, lho. Tujuan dari menjemur ikan cupang di bawah sinar matahari ialah untuk membunuh bakteri yang berasal dari jamur yang ada di kulit dan di wadah ikan cupang.

Waktu yang pas untuk menjemur ikan cupang ialah pukul 8 hingga 10 pagi, selama kurang lebih 30 menit.

  1. Memberi Daun Ketapang

Ikan cupang dapat diberikan daun ketapang yang berguna sebagai obat antibiotik alami serta mengatasi luka yang ada pada ikan cupang, seperti ekor atau sirip yang terluka. Selain itu, daun ketapang juga bisa membuat pH air menjadi stabil.

  1. Memberi Garam Khusus

Garam khusus untuk ikan hias memiliki fungsi untuk menyeimbangkan osmosis yang ada dalam tubuh ikan cupang. Selain menstabilkan metabolisme ikan, garam ini bisa membantu dalam penyembuhan luka. Garam yang ditaburkan cukup sebanyak 0,1% dari keseluruhan air di akuarium.

  1. Memberi Metil Biru

Bila sirip atau ekor ikan cupang Anda patah, Anda bisa memberikan metil biru secukupnya pada air akuarium. Metil biru bisa membantu mempercepat pemulihan ikan cupang Anda.

  1. Mengobati Ikan Cupang yang Lemas

Selain menggunakan garam khusus ikan hias dan metil biru, Anda dapat memberikan obat tetra chlor dan pomate untuk merawat ikan cupang Anda yang sakit. Caranya, Anda bisa menambahkan beberapa tetes metil biru, pomate, obat tetra chlor, dan garam ikan hias ke air. Aduk air hingga rata. Lalu, masukkan ikan Anda ke air tersebut.

  1. Mencegah Stres

Ikan cupang juga tak boleh stres. Supaya tidak stres, Anda bisa membuat akuarium ikan cupang Anda mirip dengan habitat aslinya. Anda bisa menambahkan tanaman air maupun tanaman imitasi, dan juga bebatuan.

  1. Memisahkan Ikan Cupang

Bila Anda memelihara lebih dari satu ikan cupang, pisahkanlah antar ikan cupang betina dengan ikan cupang jantan selain ketika musim kawin. Selain itu, ikan cupang jantan harus berada di kolam yang terpisah dari ikan jenis lain.

Itu dia, jenis-jenis ikan cupang termahal serta berbagai cara memelihara ikan cupang. Apakah kini sudah semakin yakin untuk memelihara ikan cupang? (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait