Cara Merawat Ikan Arwana

Cara Merawat Ikan Arwana
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara merawat ikan Arwana. Simak dengan baik, ya.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat
  1. Siapkan Akuarium

Saat membeli tempat tinggal ikan hias, sebaiknya Anda memilih akuarium dengan ukuran yang cukup besar, yakni tiga kali lebih besar dari ukuran tubuh ikan tersebut. Namun, untuk langkah awalnya Anda dapat membeli ukuran sedang. Lalu, seiring berjalannya waktu, Anda bisa menyiapkan tempat yang lebih besar agar ikan peliharaan bisa bertumbuh dengan lebih baik serta mendapatkan ruang gerak yang lebih leluasa.

  1. Menjaga Temperatur Air

Termometer akuarium yang berfungsi untuk pengaturan suhu. Alangkah baiknya, Anda harus dapat melakukan penyesuaian suhu air di antara 26-30 celsius agar kemudian dapat menjaga pertumbuhan ikan Arwana. Untuk mendapatkan hasil suhu yang akurat, sebaiknya Anda juga bisa menggunakan termometer air. Selainnya jangan lupa untuk menjaga kadar pH air antara 5—8, ya.

  1. Lengkapi Perlengkapan Akuarium

Saat memutuskan untuk memelihara ikan hias, maka Anda juga memerlukan perlengkapan ekstra, seperti diantaranya pada filter, aerator, lampu TL, dan heather. Setiap alat tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jadi, pastikan dalam melengkapi peralatan harus disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Pilih Hiasan Akuarium yang Tepat

Alangkah baiknya, hindari untuk menggunakan hiasan yang berlebihan. Meskipun bertujuan untuk mempercantik akuarium, ternyata jika terlalu banyak hiasan justru menimbulkan efek buruk untuk ikan, yaitu mengganggu tumbuh kembang ikan. Selain itu, jangan menggunakan hiasan dengan ujung tajam karena bisa melukai tubuh ikan.

  1. Menjaga Kebersihan Akuarium

Kebersihan di dalam akuarium sangatlah penting. Untuk itu, pastikan Anda menyedot ataupun menjaring kotoran secara rutin. Apalagi, kotoran ikan serta makanan dalam akuarium, mengandung sedimen yang kemudian akan mempengaruhi kesehatan ikan.

  1. Pencahayaan Akuarium

Salah satu hal terpenting untuk menjaga kehidupan ikan hias ialah pada cahaya yang terang. Namun, pastikan juga untuk tidak mengaturnya terlalu panas agar ikan kesayangan Anda tetap merasa nyaman. Pilihlah juga lampu sesuai dengan ukuran akuarium yang Anda gunakan.

Itulah penjelasan megenai cara merawat ikan arwana. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait