Catat! 4 Warna Cat Dinding Tak Disukai Nyamuk

Catat! 4 warna cat dinding ini tak disukai nyamuk. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Kehadiran nyamuk seringkali menyebabkan ketidaknyamanan bagi banyak orang. Gigitan nyamuk dapat menyebabkan rasa gatal dan iritasi pada kulit, yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bacaan Lainnya

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemilihan cat dinding dengan warna tertentu dapat membantu mengusir nyamuk.

Berikut adalah 4 warna cat dinding yang dibenci oleh nyamuk:

1. Putih
Secara umum, nyamuk cenderung menghindari warna cerah yang memiliki kemampuan memantulkan panas. Penelitian menunjukkan bahwa bahkan ketika CO2 disemprotkan di ruang percobaan, nyamuk cenderung menghindari objek yang berwarna putih.

2. Hijau
Dalam sebuah penelitian, seorang peneliti menempatkan tangan kosong di luar area uji, di mana nyamuk tertarik. Namun, ketika peneliti yang sama memasukkan tangan mereka yang telah dilapisi sarung tangan berwarna hijau ke dalam area uji, nyamuk tampak mengabaikannya dan melewati tangan tersebut.

3. Ungu
Ungu sebagai salah satu warna yang juga tidak disukai oleh nyamuk, terutama karena memiliki panjang gelombang yang paling pendek di antara semua warna dalam spektrum cahaya yang terlihat.

4. Biru
Warna biru tua dan biru terang, sebenarnya memantulkan lebih banyak panas dan cahaya, yang tidak disukai oleh nyamuk.
(BBS/Magang/Halwa)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait