Curi TBS Kelapa Sawit, 2 Warga Pasbar Diringkus Polisi

Pelaku tindak pidana pencurian buah kelapa sawit, saat diamankan oleh tim opsnal Unit Reskrim Polsek Lembah Malintang, Minggu (18/2/2024). (Foto: Polsek Lembah Malintang/SumbarFokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Kepolisian Sektor Lembah Melintang Polres Pasaman Barat meringkus pelaku tindak pidana pencurian Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di area perkebunan PT Agrowiratama Jorong Air Haji Nagari Ranah Air Haji, Kecamatan Sungai Aua.

Bacaan Lainnya

Pelaku diketahui berinisial SK (45), yang berhasil diringkus tim opsnal Unit Reskrim Polsek Lembah Melintang di area perkebunan kelapa sawit PT Agrowiratama, Minggu (18/2/2024), sekitar pukul 15.30 WIB.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto melalui Kapolsek Lembah Melintang AKP Zulfikar mengatakan, penangkapan terhadap pelaku berawal dari informasi karyawan PT Agrowiratama bahwa telah terjadi pencurian TBS kelapa sawit di lokasi perkebunan PT Agrowiratama Jorong Air Haji Nagari Ranah Air Haji.

“Tim opsnal yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Lembah Melintang Iptu Donal langsung menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP), sesampai di lokasi, petugas bersama pihak perusahaan PT Agrowiratama mengamankan yang diduga pelaku tindak pidana pencurian buah sawit berinisial SK,” ujarnya saat dikonfirmasi awak media, Selasa (20/2/2024).

Menurut keterangan dari pelaku SK, aksi pencurian tersebut dilakukan bersama dua orang temannya, masing-masing berinisial AR dan UL di area perkebunan blok C10A divisi B PT. Agrowiratama Jorong Air Haji Nagari Ranah Air Haji, Kecamatan Sungai Aur.

“Dari keterangan pelaku SK, petugas langsung melakukan pengembangan terkait kasus ini, selanjutnya memburu pelaku lainnya,” terangnya.

Selanjutnya, setelah melakukan pengembangan dan penyelidikan, petugas memperoleh informasi alamat rumah pelaku AN, yang diketahui berada di Jalan Flores Jorong Kuamang, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Malintang.

“Beberapa jam setelah diamankannya pelaku SK, petugas berhasil meringkus pelaku berinisial AN (43), yang saat itu sedang melintas dengan menggunakan sepeda motor merk Honda Beat warna hitam tepatnya dijalan Jalan Flores Jorong Kuamang Nagari Ujung Gading ketika hendak menuju rumahnya,” paparnya.

Dijelaskan, aksi pencurian yang dilakukan kedua pelaku ini, mengakibatkan kerugian atas hasil panen buah kelapa sawit di area perkebunan PT Agrowiratama sebanyak 1.060 kg.

“Dari hasil introgasi petugas terhadap kedua pelaku, aksi pencurian tersebut sudah dilakukan sebanyak dua kali di lokasi yang sama,” jelasnya.

Ditambahkan, petugas masih melakukan pengejaran terhadap satu orang pelaku lainnya, untuk identitas dan ciri-ciri pelaku telah dikantongi oleh petugas. Saat ini, kedua pelaku SK dan AN telah diamankan di Mapolsek Lembah Malintang untuk proses penyidikan lebih lanjut

“Atas perbuatannya, kedua pelaku dijerat Pasal 363 ayat (1) Ke-4 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto menghimbau kepada seluruh masyarakat apabila terjadi tindak pidana pencurian buah kelapa sawit, untuk segera melaporkan kepada pihak Kepolisian atau juga dapat menghubungi personel Bhabinkamtibmas yang ada di setiap nagari.

“Kita juga meminta kepada masyarakat untuk tidak bermain hakim sendiri terhadap pelaku pencurian ini, apabila pelaku meninggal dunia, masyarakat juga dapat terjerat pidana dan ancaman hukuman juga sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku,” ungkapnya. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait