Delapan Penyebab Terasa Pegal saat Bangun Tidur

Penyebab Pegal saat Bangun Tidur
Ilustrasi. (FotoL Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Tidur menjadi salah satu istirahat penting bagi tubuh. Tidur yang cukup ternyata memengaruhi kesehatan, berat badan, hingga mood Anda. Tidur nyeyak berarti kualitas tidur malam yang baik. Hal itu akan membuat Anda merasa segar keesokan harinya.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Namun bagaimana kalau Anda tidur nyenyak tapi saat bangun tubuh terasa pegal? Apakah tandanya tidur Anda tidak benar? Jangan panik, bisa jadi ada yang salah dengan kasur atau bantal Anda.

Penyebab Pegal saat Bangun Tidur

  1. Kualitas kasur yang tidak bagus

Rata-rata orang menghabiskan 40% dari hidupnya untuk tidur, atau mencoba untuk tertidur. Dengan sebagian besar waktu yang kita habiskan di antara kasur, dan dengan tidur sebagai penentu kesehatan yang sangat penting, kasur berkualitas baik menjdi salah satu kebutuhan Anda.

Kasus berkualitas baik harus bisa menopang berat badan Anda, dan terasa nyaman. Idealnya, kepala, bahu, bokong, dan tumit Anda harus sejajar. Jika kasur teralu empuk, malah bikin tubuh terasa pegal.

  1. Perhatikan bantalnya

Tujuan menggunakan bantal untuk menopang kepala, sehingga tulang punggungtetap melengkung secara alami saat tidur. Untuk menjaga tulang belakang dalam posisi alami saat tidur miring, bantal Anda harus setebal jarak antara telinga dan bagian luar bahu Anda.

Seperti halnya kasur, kelembutan bantal tergantung pada pilihan pribadi, dan apa yang membuat Anda merasa paling nyaman (sambil mempertahankan ketinggian yang benar).

  1. Posisi tidur sangat memengaruhi kesehatan

Tidur telentang menyebabkan nyeri punggung bawah. Tidur tengkurap juga bisa menyebabkan sakit punggung dan leher. Jika Anda cenderung tidur tengkurap atau telentang, Anda harus mempertimbangkan untuk melatih kembali diri untuk tidur miring, karena ini dapat menyebabkan tubuh Anda sakit setelah bangun tidur.

  1. Terlalu lama tidur

Jika Anda mencoba mengejar tidur dengan sesi maraton sampai 12 jam, Anda akan merasa pegal setelah bangun. Tubuh Anda bisa sakit setelah tidur terlalu lama, yang mungkin disebabkan oleh posisi tidur yang sulit.

  1. Kondisi medis

Nyeri tubuh yang berhubungan dengan tidur dapat disebabkan oleh peradangan, yang selanjutnya dapat disebabkan oleh kondisi medis. Jika Anda merasa sakit saat bangun, segera ke dokter.

Mungkin kondisi tersebut terjadi akibat peradangan seperti penyakit Lyme, penyakit tiroid, artritis, atau sindrom kelelahan kronis. Masalahnya bahkan mungkin sesuatu yang sederhana seperti kekurangan vitamin D.

  1. Kualitas tidur kurang baik

Nyeri tubuh di pagi hari dapat disebabkan oleh kurangnya kualitas tidur yang kurang baik. Tidur nyenyak menjadi waktu perbaikan jaringan dan sel tubuh Anda. Cara efektif untuk meningkatkan kualitas tidur adalah dengan olahraga, dan mengurangi stres.

  1. Kurang tidur

Bisakah kurang tidur menyebabkan tubuh pegal? Benar. Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan nyeri tubuh. Jika Anda menderita insomnia, bicarakan dengan dokter.

  1. Kegemukan jadi faktor yang membuat badan pegal saat bangun tidur

Kelebihan berat badan membuat persendian, otot, tendon, dan ligamen Anda tegang, yang dapat menyebabkan nyeri tubuh setelah tidur. Jika Anda merasa tubuh lebih berat, pertimbangkan untuk beralih ke diet yang lebih sehat dan memulai olahraga teratur. Setelah mengetahui masalahnya, diharapkan setiap bangun tidur tubuh Anda tidak pegal lagi.

Itulah penjelasan mengenai penyebab pegal saat bangun tidur. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait