Di Istana Gubernur Sumbar Akan Ada Jalur untuk Penyandang Disabilitas

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menerima audiensi pengurus Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) DPD Provinsi Sumatera Barat, di Istana Gubernuran, Selasa (10/1/2023). (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Gubernur Sumatera Barat  Mahyeldi menerima audiensi pengurus Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) DPD Provinsi Sumatera Barat, di Istana Gubernuran, Selasa (10/1/2023). Gubernur, dalam kesempatan tersebut, memberikan semangat dan motivasi untuk terus maju menggapai masa depan dan cita-cita.

Bacaan Lainnya

Maksud dan tujuan PPDI Provinsi Sumbar bertemu Gubernur adalah untuk mengundang orang nomor satu di Sumbar tersebut untuk menghadiri Musyawarah Daerah Perkumpulan Penyandang
Disabilitas Indonesia (MUSDA PPDI) Provinsi Sumbar yang akan dilaksanakan di Auditorium Gubernuran pada 15 Januari 2023 mendatang.

Gubernur menyambut baik undangan tersebut, kemudian meminta kepada Dinas Sosial untuk mendampingi PPID serta memberikan dukungan kepada PPDI Sumbar agar dapat berkomunikasi dengan instansi-instansi formal yang nantinya dapat mendukung anggota disabilitas.

“Saya yakin dengan semangat PPDI Sumbar dapat menghidupkan kembali organisasi untuk lebih baik ke depannya,” ujar Gubernur.

Di samping itu, Gubernur juga meminta kepada Biro Umum untuk menyiapkan jalur disabilitas di Istana Gubernuran. Hal ini juga dalam rangka meningkatkan kepedulian Pemprov Sumbar dalam menyokong fasilitas yang dibutuhkan penyandang disabilitas di ruang publik.

“Penyandang disabilitas merupakan bagian dari masyarakat yang mempunyai hak, kedudukan, dan peran yang sejajar dengan warga lainnya. Oleh karena itu kebutuhan mereka harus dipenuhi secara baik,” ucap Gubernur.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar Arry Yuswandi mengatakan, Musyawarah Daerah ke- 2 PPDI Sumbar merupakan salah satu ajang untuk konsolidasi dan memilih kepengurusan PPDI yang baru.

“Kita berharap dengan adanya Musda tersebut, ada banyak hal yang bisa kita programkan ke depan, antara organisasi dan pemerintah bisa berkolaborasi sehingga hak-hak disabilitas dapat terpenuhi,” harapnya

Sementara, Pengawas SLB sekaligus Pembina Pengurus PPDI Prov Sumbar, Rafmateti, berharap, Istana gubernur adalah tempat teman-teman disabilitas sering melakukan audiensi, juga menjadikan Istana Gubernur menjadi akses publik bagi kaum penyandang disabilitas.

“Alhamdulillah tadi Pak Gubernur langsung meminta kepada Biro Umum untuk menyiapkan akses disabilitas di gubernuran ini,” paparnya.

Selain Musda PPDI, para pengurus PPDI melalui Dinas Sosial Provinsi Sumbar, akan mengundang Gubernur untuk nonton bareng bersama anak-anak disabilitas. Film tersebut mengangkat sisi kehidupan anak-anak disabilitas, film tersebut berjudul Tegar. (000/Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait