Dirut Semen Padang: K3 Investasi Jangka Panjang Bagi Perusahaan

Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional kembali digelar PT Semen Padang. (Foto: SP/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional kembali digelar PT Semen Padang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2024 itu diawali dengan upacara yang digelar di Lapangan Tenis Indoor PT Semen Padang, Rabu (17/1/2024) pagi.

Bacaan Lainnya

Diikuti ratusan Staf Pimpinan dan karyawan/karyawati Semen Padang, upacara tersebut juga dihadiri Direktur Operasi Pri Gustari Akbar, pimpinan Anak Perusahaan dan Lembaga Penunjang (APLP), karyawan/karyawati Semen Padang Group, ibu-ibu Penasehat, ibu-ibu Band 1, dan Pengurus Forum Komunikasi Istri Karyawan Semen Padang (FKIKSP). Semula diagendakan di Plaza Kantor Pusat PT Semen Padang, namun karena hari hujan upacara akhirnya dipindahkan ke Lapangan Tenis Indoor.

Dirut PT Semen Padang Indrieffouny Indra dalam pidato pembukaan upacara Bulan K3 Nasional menyampaikan bahwa peringatan Bulan K3 Nasional digelar mulai 12 Januari 2024 hingga 12 Februari 2024 dengan tema nasional, yaitu “Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”.

Tema tersebut memberikan pesan yang jelas bahwa kesehatan, keselamatan, dan keberlangsungan usaha saling terkait dan membutuhkan upaya bersama untuk mencapai tujuan perusahaan. “Dasar-dasar K3 tidak hanya mencakup peraturan dan prosedur yang harus diikuti. Tapi harus melibatkan perubahan sikap dan budaya di tempat kerja,” katanya.

Mulai dari kesadaran akan risiko, penggunaan peralatan pelindung diri yang sesuai, hingga membudayakan kebiasaan yang aman dan mengedepankan prinsip kesehatan mental dan fisik bagi setiap anggota tim.

“Untuk itu, saya minta seluruh insan Semen Padang Group, mulai dari jajaran direksi sampai pelaksana agar dapat mengimplementasikan K3 secara baik, benar, dan tepat,” kata Indrieffouny.

Kepada para General Manager (GM) sebagai penanggung jawab operasional, diharapkan untuk meningkatkan awareness dan kepedulian terhadap implementasi K3 dan memastikan bahwa semua pekerjaan dikerjakan dalam kondisi dan perilaku aman.

Menurutnya, harus ada upaya menghilangkan unsafe action dan unsafe condition sehingga probabilitas menuju kejadian kecelakaan fatal dan kejadian-kejadian lainnya dapat dieliminasi.

“Jangan sampai ada kejadian fatality ataupun kecelakaan kerja sekecil apapun. Lakukan Safety Talk setiap hari untuk mengingatkan pekerja mengenai risiko dan bahaya di area kerja mereka. Dengan Upaya-upaya seperti itu, semua orang menjadi sadar tentang pentingnya K3 di lingkungannya. Ingat! K3 itu untuk kita semua!” tutur Indrieffouny.

Penegakan peraturan K3, sebutnya, bersifat mandatory karena itu semua orang harus terlibat untuk mewujudkannya. Mulai dari pimpinan tertinggi perusahaan, pimpinan unit kerja, pimpinan kontraktor, pengawas lapangan, pekerja dan seluruh personil.

“Saya sebagai pimpinan tertinggi PT Semen Padang komit untuk melaksanakan hal tersebut. Jika ada kejadian kecelakaan karena kelalaian akan diberi peringatan mulai dari pejabat tertinggi sampai pengawas. Setiap leader di perusahaan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kita tidak hanya mencapai target dan sasaran bisnis kita, tetapi juga memastikan bahwa setiap orang yang terlibat dalam perjalanan ini merasa aman, terlindungi, dan dihargai,” tegasnya.

Indrieffouny menyampaikan bahwa K3 adalah investasi jangka panjang bagi keberhasilan perusahaan. Ketika memprioritaskan keselamatan dan kesehatan, perusahaan bukan hanya mengurangi risiko kecelakaan atau insiden, tetapi juga meningkatkan produktivitas, kualitas kerja, dan citra perusahaan di mata stakeholder. Oleh karena itu, Indrieffouny mengajak semua insan perusahaan untuk bersama-sama menjadikan K3 sebagai bagian tak terpisahkan dari budaya kerja.

“Mari kita saling mengingatkan, memberikan pelatihan yang tepat, dan terus mendorong inovasi untuk meningkatkan standar K3 kita. Kemudian, mari kita ingat bahwa keselamatan bukanlah pilihan, melainkan kebutuhan. Kita tidak boleh membiarkan setiap hari menjadi hari yang berpotensi membahayakan bagi siapa pun di tempat kerja kita. K3 adalah kunci untuk menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, produktif, dan berkelanjutan,” ujarnya lagi.

Ketua Panitia Bulan K3 Nasional PT Semen Padang, Ilham Akbar, menyampaikan bahwa pada Bulan K3 Nasional tahun 2024 ini, berbagai kegiatan digelar oleh PT Semen Padang. Diawali dengan upacara, selanjutnya pelaksanaan Bulan K3 Nasional yang digelar selama 1 bulan ke depan, akan diisi oleh kegiatan seminar K3, lomba poster dan video tentang K3, kampanye Safety Health and Environment (SHE), dan lomba SHE Challenge.

Lomba SHE Challenge digelar pada 30-31 Januari mendatang. Lomba ini meliputi lomba K3, cerdas cermat, lomba bekerja di ketinggian, bekerja di confined space atau area yang terbatas, lomba pemadaman api kecil menggunakan APAR, dan lomba pemadaman api besar menggunakan hydrant.

Selain itu, dikatakan Ilham, juga ada kegiatan lainnya, yaitu Germas, pemilihan tempat kerja teladan, pemilihan rumah dinas kategori ASRI (Aman Sehat Rapi Indah), dan penanaman pohon kaliandra merah di area reklamasi bekas tambang batu kapur PT Semen Padang. Berbagai kegiatan ini mulai dilaksanakan pada 17 Januari sampai 7 Februari 2024.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan bendera K3, dan pemukulan gong oleh Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang, Indrieffouny Indra, sebagai tanda dibukanya secara resmi pelaksanaan Bulan K3 Nasional di PT Semen Padang. (000)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait