Dirut Semen Padang Raih Penghargaan TOP Leader On CSR Commitment di Ajang Penganugerahan CSR Awards 2024

Penghargaan itu, diserahkan pada acara Anugerah TOP CSR Awards 2024 yang digelar di Jakarta, Rabu (29/5/2024). (Foto: Semen Padang/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang Indrieffouny Indra meraih penghargaan sebagai TOP Leader On CSR Commitment dari Majalah Top Business. Penghargaan itu, diserahkan pada acara Anugerah TOP CSR Awards 2024 yang digelar di Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Bacaan Lainnya

Selain dirut, pada kesempatan itu juga diserahkan penghargaan kepada PT Semen Padang atas kinerja terbaik dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dengan predikat #Star 5. Kedua penghargaan tertinggi di bidang CSR itu diserahkan oleh Ketua Dewan Juri TOP CSR Awards Dr. Mas Achmad Daniri, dan Ketua Panitia Penyelenggara, Lutfi Handayani.

Hadir pada kesempatan itu Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan RI diwakili Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian LHK, Sigit Reliantoro. Kemudian dari PT Semen Padang, hadir Direktur Operasi Pri Gustari Akbar, dan Kepala Unit CSR Dedi M Siddiq.

“Alhamdulillah, tahun ini Semen Padang kembali mendapatkan penghargaan TOP CSR Awards dengan predikat #Star 5 dan penghargaan TOP Leader On CSR Commitment. Pada tahun 2022 lalu, kita juga mendapatkan penghargaan yang sama dari Majalah Top Business,” kata Direktur Operasi PT Semen Padang Pri Gustari Akbar usai menerima kedua penghargaan tersebut.

Penghargaan TOP Leader On CSR Commitment itu, sebut Pri Gustari, diberikan kepada Direktur Utama PT Semen Padang Indrieffouny Indra atas komitmen dari management tertinggi di PT Semen Padang dalam penentuan kebijakan-kebijakan serta tata kelola CSR yang baik dan terintegrasi.

“Semua kebijakan dan tata kelola itu, tentunya dalam semua aspek yang terkait dengan CSV (Create Share Value), ESG (Environment Social Governance) untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan ( SDG’s),” ujar Pri Gustari didampingi Kepala Unit CSR PT Semen Padang Dedi M Siddiq.

Kemudian untuk penghargaan TOP CSR Awards 2024 dengan predikat #Star 5, diraih melalui Unit CSR perusahaan dengan mengedepankan program-program unggulan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang efektif dan berdampak positif bagi stakeholder maupun PT Semen Padang Sendiri.

Program tersebut, berupa budidaya kaliandra merah sebagai sumber Energi Baru Terbarukan (EBT) yang dapat mensubsitusi bahan bakar batu bara, dan program konservasi ikan bilih.

“Kemudian, juga ada program bersifat lingkungan seperti Nabuang Sarok Berbasis Aplikasi,” ujar Pri Gustari yang didampingi Kepala Unit CSR Dedi M Shidiq

Penghargaaan TOP CSR adalah apresiasi yang digagas oleh majalah Top Business dan didukung asosiasi wartawan CSR Indonesia yang mana penilaiannya berbasis ISO26000, ESG dan Strategi Bisnis sebagai tambahan. Penghargaan ini juga bekerjasama dengan beberapa konsultan CSR dan Asosiasi Bisnis.

Kategori penghargaan TOP CSR Awards 2024 diklasifikasikan dalam 5 tingkatan kelas Bintang (Stars) 1-5, di mana Bintang 5 adalah level penghargaan yang tertinggi, yang dinilai berdasarkan 4 kriteria. Kriteria pertama, Kelengkapan Sistem Kebijakan dan Tata Kelola CSR Perusahaan.

Kedua, keselerasan CSR untuk mendukung strategi bisnis perusahaan yang berkelanjutan di masa Kenormalan baru. Ketiga, tingkat Adopsi CSR terhadap ISO 26000 SR dan Creating Shared Velue (CSV). Dan, keempat adalah keterkaitan antara Inovasi Program CSR dengan Pertumbuhan Bisnis yang berkelanjutan. Kemudian untuk kategori khusus, dikaitkan dengan penilaian Inovasi Program CSR Unggulan.

Pada anugerah TOP CSR Awards ini, Majalah Business bekerjasama dengan lembaga terkemuka di Indonesia, juga memberikan penghargaan TOP Leader on CSR Commitment 2024 kepada Business Leader atau Presiden Direktur/Pimpinan Tertinggi di perusahaan yang dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan keberhasilan implementasi CSR di perusahaan. (000/sp)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait