Enam Tips Mencegah Pertumbuhan Jamur di Dinding Rumah

Mencegah Pertumbuhan Jamur
Cara menghilangkan jamur dalah dengan mengikis bercak-bercak jamur yang ada pada dinding dengan menggunakan scraper atau alat pengikis cat. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Kemunculan jamur di area rumah saat musim hujan memang menyebalkan. Apalagi, jamur ini bisa dengan mudah tumbuh di mana saja, dari lemari, toilet, ruang laundry, hingga dinding.

Bacaan Lainnya

Selain menyebabkan dinding keropos dan ruangan jadi bau apek, pertumbuhan jamur di dalam rumah tidak baik untuk kesehatan. Sebab, jamur ini bisa menyebabkan alergi, iritasi, gangguan kulit, dan pernapasan.

Oleh sebab itu, kita perlu segera menghilangkannya sebelum kondisi jamur semakin parah. Tidak hanya perlu membersihkannya, kita juga harus bisa mencegah jamur agar tidak kembali bersarang di dinding.

Untuk mencegah pertumbuhan jamur di dinding rumah, Anda bisa melakukan beberapa cara, seperti berikut ini.

  1. Pakai Dehumidifier untuk Menghilangkan Jamur

Kelembaban menjadi penyebab utama tumbuhnya jamur di dinding rumah. Nah, salah satu cara terbaik untuk mencegah hal ini adalah dengan menggunakan dehumidifier. Soalnya, alat ini bisa menyerap kelembapan udara.

Untuk ruangan berukuran hingga 25 meter persegi, Anda bisa menggunakan dehumidifier dengan kapasitas tangki air 800 ml-10 liter, seperti rekomendasi kami berikut.

  1. Hindari Meninggalkan Pakaian Basah

Apakah Anda sering meninggalkan pakaian lembab dan basah setelah mencuci? Bila, ya hentikan kebiasaan tersebut. Sebab, pakaian ini dapat membuat udara sekitar jadi lembab dan memicu pertumbuhan jamur di ruang laundry.

  1. Buka Jendela Secara Rutin

Kelembaban bisa timbul karena kurangnya sirkulasi udara. Oleh sebab itu, kita perlu membuka jendela secara rutin dan biarkan udara segar masuk untuk mengurangi kelembaban di dalam rumah.

  1. Gunakan Cairan Pembasmi Jamur

Apabila jamur sudah muncul di dinding rumah, kita bisa menghilangkannya dengan menggunakan cairan pembersih jamur. Cara pemakaiannya cukup mudah, yaitu cukup langsung menyemprotkannya pada dinding atau melumurinya pada kain lap terlebih dulu.

  1. Menghilangkan Jamur dengan Mengikis dan Menggosok Tembok

Cara menghilangkan jamur berikutnya adalah dengan mengikis bercak-bercak jamur yang ada pada dinding dengan menggunakan scraper atau alat pengikis cat. Setelah mengikis bercak jamur, gosok tembok dengan amplas untuk menghaluskan dinding.

Jika ada lubang-lubang kecil yang timbul setelah proses pengamplasan, Anda dapat menambalnya dengan semen.

Itulah penjelasan mengenai cara mencegah pertumbuhan jamur di dinding rumah. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait