Fakta Unik Samudera Hindia, Berbatasan dengan Sumbar  

Laut di tepian Kota Padang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Samudera Hindia adalah lautan besar yang membentang di sebelah barat Indonesia, dan langsung berbatasan dengan Sumatera Barat (Sumbar).

Bacaan Lainnya

Samudera Hindia adalah salah satu dari tiga samudera terbesar di dunia, yang terletak di sebelah selatan Asia, di antara Asia, Afrika, Australia, dan Samudera Antartika.

Berikut adalah beberapa keunikan Samudera Hindia.

  1. Kekayaan Hayati yang Luar Biasa

Samudera Hindia memiliki keanekaragaman hayati laut yang sangat tinggi. Salah satu contoh keanekaragaman hayati yang menonjol adalah Kepulauan Seychelles, di mana terumbu karang yang indah dan spesies ikan yang beragam dapat ditemukan.

  1. Rute Penyeberangan Manusia Purba

Samudera Hindia diyakini menjadi jalur migrasi manusia purba dari Afrika menuju Asia dan Australia. Ini terbukti dari bukti arkeologis yang ditemukan di sepanjang pesisir Samudera Hindia, termasuk artefak-artefak di wilayah Australia dan Pulau Madagaskar.

  1. Pertemuan Tiga Lempeng Tektonik

Samudera Hindia terbentuk dari pertemuan tiga lempeng tektonik utama: Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Afrika. Aktivitas tektonik di wilayah ini menyebabkan serangkaian gempa bumi dan gunung berapi yang signifikan.

  1. Gurun Pasir Terendam

Di sepanjang pantai barat Australia, terdapat fenomena unik yang dikenal sebagai “Gurun Pasir Terendam” (Tambang Buttermilk dan Lautan Pasir Lancelin). Gurun pasir ini terletak di bawah permukaan laut, dan saat air surut, terlihat seperti gurun pasir tradisional.

  1. Pulau dengan Satwa Endemik

Pulau-pulau di Samudera Hindia, seperti Madagaskar dan Kepulauan Galapagos, menjadi rumah bagi banyak spesies satwa endemik yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Madagaskar, misalnya, memiliki lemur dan berbagai spesies tumbuhan unik.

  1. Pengaruh Budaya Antarbenua

Samudera Hindia telah menjadi jalur perdagangan utama sepanjang sejarah manusia, yang memfasilitasi pertukaran budaya, bahasa, dan agama antara Asia, Afrika, dan Timur Tengah. Ini menghasilkan keragaman budaya yang kaya di wilayah-wilayah pesisir.

  1. Kejadian Tsunami 2004

Tsunami dahsyat pada tahun 2004 yang memengaruhi sejumlah negara di sekitar Samudera Hindia adalah salah satu bencana alam paling merusak dalam sejarah modern. Ini mengingatkan akan kekuatan alam dan kebutuhan untuk sistem peringatan dini yang efektif di wilayah tersebut.

Itulah beberapa fakta unik tentang Samudera Hindia yang menunjukkan betapa penting dan menariknya wilayah ini dalam berbagai aspek, mulai dari geologi hingga keanekaragaman hayati dan kebudayaan. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait