Kopling: Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Fungsi kopling kendaraan otomotif
Fungsi kopling secara umum adalah untuk menghubungkan dan memutuskan penyaluran yang dihasilkan oleh mesin ke roda. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Saat membahas tentang kendaraan, Anda pasti pernah mendengar istilah kopling. Kopling adalah komponen automotif yang berfungsi untuk memutuskan dan menyambungkan putaran mesin ke transmisi. Kopling juga memungkinkan kendaraan dapat berputar walaupun transmisi tidak dalam posisi netral.

Bacaan Lainnya

Kopling merupakan mekanisme yang dirancang untuk mampu menghubungkan dan melepas atau memutuskan perpindahan tenaga dari suatu benda yang berputar ke benda lainnya. Kopling mutlak diperlukan pada kendaraan di mana penggerak utamanya diperoleh dari hasil pembakaran di dalam silinder engine.

Berikut penjelasan selengkapnya mengenai fungsi kopling kendaraan otomotif, jenisnya, dan cara kerjanya yang penting untuk dipelajari. Semoga membantu!

Fungsi Kopling

Fungsi kopling secara umum adalah untuk menghubungkan dan memutuskan penyaluran yang dihasilkan oleh mesin ke roda. Posisi pemasangan dan fungsi kopling tergantung dari jenis kopling dan transmisi yang digunakan.

Secara garis besar, penggunaan kopling antara lain adalah untuk menjamin mekanisme dan karakteristik getaran yang terjadi akibat bagian-bagian mesin berputar, untuk menjamin hubungan antara poros yang digerakkan yang dibuat secara terpisah, dan untuk mengurangi beban lanjut atau hentakan pada saat melakukan transmisi dari poros penggerak ke poros yang akan digerakkan.

Adapun fungsi kopling di antara adalah sebagai berikut;

  • Untuk membantu pemindahan gigi transmisi lebih mudah.
  • Menghentikan mobil tanpa memposisikan tuas transmisi ke posisi netral.
  • Untuk membuat mobil bergerak bebas tanpa tahanan dari enginebrake.
  • Agar mobil dapat bergerak mulus saat awal berjalan.

Jenis Kopling

Melansir publikasi dari polsri.ac.id, jenis-jenis kopling dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu:

  1. Kopling Gigi

Kopling yang menggunakan gigi banyak digunakan untuk hubungan gigi transmisi jenis Syncronmesh.

  1. Kopling Gesek

Kopling gesek (Friction Clutch) adalah proses pemindahan tenaga melalui gesekan antara bagian penggerak dengan yang akan digerakkan. Konsep kopling ini banyak digunakan pada sistem pemindahan tenaga kendaraan.

  1. Kopling Tekanan Hidrolis

Kopling hidrolis banyak digunakan pada kendaraan pada kendaraan dengan transmisi otomatis. Proses kerjanya memanfaatkan tekanan hidrolis, dan pemindahan dari satu kopling ke kopling yang lainnya, dilakukan dengan mengatur aliran hidrolisnya.

Cara Kerja Kopling

Fungsi kopling adalah untuk menghubungkan poros engkol dengan gigi transmisi. Ketika berkendara, kopling adalah komponen yang berperan untuk mengatur kecepatan kendaraan sesuai dengan keinginan pengemudi.

Oleh sebab itu, cara kerja kopling yang paling utama adalah untuk memutus dan juga menyambungkan tenaga dari mesin ke bagian transmisi gigi. Cara kerja kopling pada kendaraan, khususnya mobil, terbagi menjadi dua kondisi yaitu:

  1. Saat Pedal Kopling Ditekan

Kopling kendaraan, terutama mobil, akan bekerja ketika pedalnya ditekan. Ketika Anda menekan bagian pedal kopling, maka putaran dari bagian mesin menuju bagian transmisi akan terputus. Pada saat tidak ada putaran, maka posisi release fork akan menekan bagian release bearing. Dengan adanya penekanan tersebut, otomatis mobil akan melaju.

  1. Saat Pedal Kopling Dilepas

Saat pedal kopling dilepas atau tidak ditekan, putaran yang berasal dari mesin menuju transmisi akan terhubung. Kondisi ini membuat release fork akan kembali ke posisi semula dan tidak muncul tekanan pada diafragma spring. Ketika kopling dalam posisi seperti ini, pegas yang terdapat pada clutch cover akan terbebas dari tekanan release bearing. Setelahnya, plat penekan yang terdapat pada clutch cover akan menekan serta menjepit bagian clutch disc. Pada kondisi ini tenaga yang berasal dari mesin menuju transmisi akan terhubung dan membuat mobil tidak dapat melaju.

Itulah penjelasan mengenai fungsi kopling kendaraan otomotif. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait