Bahaya Tidur di Mobil dengan AC Menyala

Bahaya tidur di mobil
Udara dingin dari AC mobil dapat menyebabkan masalah pernapasan jika terlalu lama dan terlalu sering dilakukan. Sebab udara dingin dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Kebiasaan ini jamak dilihat sehari-hari: tidur di dalam mobil. Entah terpaksa atau kepepet. Tidur di dalam mobil sering jadi pilihan untuk beristirahat kala perjalanan jauh seperti di rest area.

Bacaan Lainnya

Namun, kebiasaan ini tidak boleh dianggap enteng atau dilakukan sembarangan sebab harus memperhatikan beberapa faktor agar istirahat menjadi aman dan nyaman.

Bila harus dilakukan, Anda perlu mengetahui bahwa tidur di dalam mobil dengan kondisi mesin mobil masih menyala perlu dihindari, karena faktor ini, dikutip dari berbagai sumber. Inilah penjelasan bahaya tidur di mobil dengan AC menyala.

  1. Masalah Pernapasan

Udara dingin dari AC mobil dapat menyebabkan masalah pernapasan jika terlalu lama dan terlalu sering dilakukan. Sebab udara dingin dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan, terutama bagi seseorang yang memiliki masalah alergi.

  1. Kerusakan mesin

AC menjadi bahaya ketika dihidupkan dalam jangka waktu lama, terutama ketika mesin mobil mati. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan sistem pendingin mobil akhirnya.

  1. Dehidrasi

AC yang menyala lama juga dapat mengeringkan udara di dalam mobil dan menyebabkan dehidrasi pengendara. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit kepala, kulit kering, dan bibir pecah-pecah.

Maka itu, bila harus tidur di dalam mobil, pastikan mesin mobil kesayangan Anda dalam keadaan mati. Selain lebih safety, Anda bersitirahat, mesin mobil kesayangan pun beristirahat pula.

Pilih pula lokasi area yang memiliki ruangan nyaman dan ventilasi baik, supaya gas buang tidak terkumpul dan masuk ke kabin. Bila gas buang dari asap knalpot masuk ke kabin, berpotensi menyebabkan bahaya kesehatan serius hingga kematian. Sebab gas uang dari kanlpot mengandung gas-gas beracun.

Jangan jadikan kebiasaan tidur dalam mobil dengan AC menyala ya, sebisa mungkin dihindari. Kalau terpaksa sekali, lakukan singkat saja dan sebaiknya beristirahat lah di tempat semestinya, lebih aman pastinya.

Itulah penjelasan mengenai bahaya tidur di mobil dengan AC menyala. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait