Gebyar Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H Meriah di Pasbar

Penyambutan peserta pawai obor dalam kegiatan Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H, di Masjid Raya Nurul Iman Nagari Ophir Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Sabtu (6/7/2024) malam. (Foto: WISNU A. UTAMA/SumbarFokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Ratusan masyarakat dan anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Masjid dan Musala di Kenagarian Ophir Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), antusias mengikuti acara Gebyar Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H.

Bacaan Lainnya

Acara diawali dengan pawai obor, yang diikuti oleh ratusan masyarakat, pemuda dan anak-anak TPA dimulai dari Jalan Lintas Sekunder II Blok D Ophir menuju Masjid Raya Nurul Iman, disambut dengan lantunan salawatan, mewarnai pergantian dan peringatan Tahun Baru Islam 1446 H, Sabtu (6/7/2024) malam.

“Rangkaian kegiatan Gebyar Tahun Baru Islam berawal dari sebuah ide dan gagasan dari pengurus Masjid Raya Nurul Iman, untuk memberikan semangat dalam menyambut dan memeriahkan pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H,” ujar Ketua Pengurus Masjid Raya Nurul Iman Ophir, Kopka Marinir Irvan Nudri, kepada wartawan SumbarFokus.com.

Menurutnya, momentum pergantian tahun baru Islam juga sebagai refleksi diri untuk merenungkan segala kesalahan yang dilakukan pada tahun sebelumnya dan memohon ampun kepada Allah, agar menjadi pribadi lebih baik ditahun-tahun yang akan datang.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah, menjalin silaturahmi sesama umat muslim dan solidaritas antar sesama di tengah hidup keberagaman di Nagari Ophir, serta selalu berbuat segala kebaikan untuk sesama.

“Pergantian Tahun Baru Islam harus lebih semarak dan meriah, sebagai rasa syukur kepada Allah dan mengingatkan kepada generasi penerus sebuah sejarah islam, agar tidak mudah melupakan di tengah perkembangan zaman yang modern ini,” tuturnya.

Dijelaskan, berbagai kegiatan yang telah dirangkai oleh panitia pelaksana yaitu pawai obor, salawatan, marhaban para ibu-ibu Nagari Ophir, hadiah-hadiah menarik khusus untuk anak-anak TPA, dan kupon makan gratis yang disajikan oleh beberapa pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Nagari Ophir.

“Kegiatan ini merupakan ide dan gagasan dari seluruh pengurus Masjid Raya Nurul Iman Ophir, dan juga pelaksanaan kegiatan juga bersumber dari bantuan orang-orang baik,” ucap anggota TNI AL Lantamal II Padang itu.

Ia berharap kegiatan yang sama dapat lebih meriah dan semarak, sehingga memotivasi serta membuat suatu terobosan baru ataupun gagasan dalam mensyiarkan agama Islam sesuai yang terkandung dalam Al-Qur’an.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Wakil Bupati Risnawanto, Ketua DPRD Pasaman Barat Erianto, perangkat Pemerintah Nagari Ophir, sesepuh Nagari Ophir Suparmin dan Ustad Darwin Lubis, Pemuda Karang Taruna Nagari Ophir, serta stakeholder terkait lainnya. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait