Wabup Risnawanto dan Ketua DPRD Erianto Apresiasi Gebyar Tahun Baru Islam di Ophir Pasbar

Wakil Bupati Risnawanto bersama Ketua DPRD Pasaman Barat Erianto, saat menyerahkan hadiah doorprize kepada anak-anak TPA dalam kegiatan Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Masjid Raya Nurul Iman Ophir, Sabtu (6/7/2024) malam. (Foto: WISNU A. UTAMA/SumbarFokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Banyak cara dalam mensyiarkan ajaran agama Islam melalui sebuah ide dan kreativitas, terutama dalam memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto, saat menghadiri kegiatan Gebyar Tahun Baru Islam di Masjid Raya Nurul Iman Nagari Ophir, Kecamatan Luhak Nan Duo, Sabtu (6/7/2024) malam.

Dikatakan, di tengah zaman yang serba digital dan modern ini, momentun peringatan Tahun Baru Islam mengingatkan kembali akan peristiwa penting dalam sejarah Islam, yakni hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, sebuah ide kreatif dan gebrakan baru, sehingga kemeriahan menyambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriah, dapat dirasakan oleh seluruh umat muslim mulai dari usia anak-anak hingga dewasa,” ungkapnya.

Ditambahkan, kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat di bidang keagamaan, seperti yang sudah berjalan yaitu tahfiz Qur’an dan Magrib Mengaji, sehingga dinilai positif dalam menjalin silaturahmi, solidaritas, dan sinergitas antar sesama masyarakat.

“Peringatan tahun baru Islam juga sebagai meningkatkan iman dan taqwa, sehingga kita semua memperoleh rida dan keberkahan dari Allah.

Ia yakin bahwa di Nagari Ophir ini sangat mempunyai potensi, baik dari segi sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang dapat memajukan Nagari Ophir ke depannya.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat mendukung segala bentuk pembangunan dan program pemerintah daerah, sehingga pembangunan di wilayah Nagari Ophir dapat berimbang baik itu pembangunan secara fisik maupun non fisik,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Pasaman Barat Erianto mengatakan, kegiatan Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H yang diinisiasi oleh pengurus Masjid Raya Nurul Iman Ophir, secara langsung menunjukkan komitmen masyarakat Nagari Ophir dalam bidang keagamaan.

Setiap tahunnya, di Nagari Ophir ini peringatan tahun baru Islam selalu meriah dengan beragam ide dan kreativitas dalam membuat suatu kegiatan, sehingga kemeriahan serta silaturahmi dan kebersamaan selalu terjalin di Nagari Ophir ini.

“Atas nama pimpinan DPRD Pasaman Barat, sangat bangga dan apresiasi kepada panitia pelaksana, sehingga perayaan pergantian Tahun Baru Islam 1446 H berlangsung meriah dengan berbagai jenis kegiatan seperti pawai obor, doorprize, makan gratis, hadroh (red-salawatan), dan tausyiah agama,” ucapnya.

Adapun rangkaian kegiatan Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H, diawali dengan pawai obor yang diikuti oleh masyarakat, pemuda serta anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Masjid dan Musala yang ada di wilayah Nagari Ophir.

Selanjutnya, ada kupon makan gratis dengan sajian menu makanan ringan beberapa pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang secara khusus didatangkan oleh panitia pelaksana. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait