Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemko Padang Panjang bersama Warga Goro di Batang Sikakeh

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemko Padang Panjang bersama Warga Goro di Batang Sikakeh. (Foto: Pemko Padang Panjang/SumbarFokus.com)

PADANG PANJANG (SumbarFokus)

Rangkaian kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni lalu masih berlangsung di Kota Padang Panjang.

Bacaan Lainnya

Kali ini Pemko bersama warga melaksanakan gotong royong (Goro) di aliran sungai Batang Sikakeh, Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), Selasa (2/7/2024).

Terlihat ASN, THL, TNI, Polri serta warga setempat bahu membahu membersihkan sisa material lahar dingin di tujuh titik sepanjang 920 meter sungai yang melintasi kelurahan ini.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH)  Alvi Sena mengatakan, rangkaian Hari Lingkungan Hidup se-Dunia berakhir 5 Juli mendatang. Di antara rangkaiannya yaitu apel bersama, penanaman pohon, dan goro membersihkan sungai.

Goro di Batang Sikakeh, sebut Alvi Sena, dilakukan lantaran kawasan ini pernah mengalami bencana, menyebabkan sedimentasi bahkan mengubah struktur sungai akibat pengikisan atau erosi di dinding sungai.

Harapannya, kegiatan goro bersama ini membangkitkan kepedulian. Menurutnya, rasa kurang peduli terhadap lingkungan kerap menimbulkan bencana. Seperti membuang sampah sembarangan di aliran sungai dan perusakan hutan.

“Ada oknum warga yang tidak peduli, melakukan perusakan hutan, buang sampah sembarangan di sungai, yang bisa berdampak terhadap terjadinya bencana. Kita berharap tidak terjadi lagi kejadian banjir bandang ini. Mari bersama menjaga lingkungan. Semoga Padang Panjang terbebas dari bencana,” ujarnya. (000/ril)

 

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait