Hingga Maret, Kunjungan Wisata Capai 116 Ribu lebih Pengunjung dari Target 150 Ribu

Kadis Parpora Sawahlunto Adri Yusman bersama Sekretaris Bustanul Arifin dan Kabid Pemasaran Ekraf Meldi Hidayah Marta. (Foto: RIKI YUHERMAN/ sumbarfokus.com)

SAWAHLUNTO (SumbarFokus)

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Sawahlunto menyebut, angka kunjungan wisata hingga Mei 2023 ini mencapai 116.894 pengunjung. Sementara, target kunjungan tahun ini sebanyak 150 ribu pengunjung.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Parpora Sawahlunto Adri Yusman mengungkapkan, evaluasi dari momen Idul Fitri kemarin didapat bahwa, meski destinasi wisatanya bagus tetapi akses dan juga informasi terkait wisata tersebut tidak bagus, juga akan berdampak terhadap kunjungan.

“Untuk itu kita juga berharap peran serta awak media yang ada untuk bisa berkolaborasi membuat pemberitaan dan juga informasi terkait ke pariwisataan dan juga ekonomi kreatif Sawahlunto,” ujar Kadisparpora, Adri Yusman, Senin (26/6/2023).

Adri Yusman menilai, majunya sektor pariwisata tidak bisa oleh pemerintah daerah atau dinas terkait saja akan tetapi juga kerjasama pihak lainnya. Salah satunya insan jurnalis atau awak media yang ada.

“Pariwisata harus berdampak kepada ekonomi masyarakat, untuk itu kami terus mendorong iven iven nasional dan juga internasional untuk diselenggarakan seperti sport tourisme Kejurnas Pacu Kuda, Kejurnas Wall Climbing, dan lainnya,” sebut Kadis Adri Yusman.

Upaya yang terus dilakukan sebut Adri Yusman, yakni dengan melakukan berbagai pembenahan objek wisata, seperti penambahan wahana Glamour Camping (Glamping) dan penambahan cottage di Camping Ground Kandi. Dan juga membangkitkan kembali desa wisata.
“Kita dorong melalui dana desa masing masing untuk menbangkitkan potensi wisata di desa – desa yang ada. Potensi ini sangatlah besar namun belum digarap secara optimal,” sebutnya lagi.

Selain destinasi wisata alam, lanjutnya, wisatawan juga bisa menikmati wisata sejarah Sawahlunto World Heritage. Sejak ditetapkan menjadi warisan dunia UNESCO, koleksi bangunan serta sejarah Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto (OCMHS) bisa menjadi magnet kunjungan wisata bail lokal, Nusantara maupun Mancanegara.

Ditambahkan Kabid Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Meldi Hidayah Marta, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menggelar Sawahlunto creative corners 1 Juli 2023. Field Trip edukasi pelajar Korea Selatan 30 Juli , Kejuaran Nasional Pacu Kuda, dan Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) pada 7 – 10 September.
“Kita juga akan mensukseskan Jambore Geopark Indonesia pada 25 – 30 Juli nanti,” sebutnya. (025)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait