Iduladha 1445 H, Andree Algamar Ajak Warga Padang Ambil Nilai Positif Ibadah Kurban

Iduladha 1445 H, Andree Algamar Ajak Warga Padang Ambil Nilai Positif Ibadah Kurban. (Foto: Pemko Padang/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Pemerintah Kota (Pemko) Padang melaksanakan Salat Idul Adha 1445 di Masjid Ukhuwah, Balai Kota Padang, Aie Pacah, Senin (17/6/2024). Mengangkat tema “Jadikan semangat Idul Adha sebagai penguat ketaqwaan kita kepada Allah” Salat Idul Adha tersebut dihadiri Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar beserta jajaran OPD di lingkungan Pemko Padang.

Bacaan Lainnya

Dalam laporannya, Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota padang, Yosefriawan menyebut bahwa sedianya Salat Idul Adha 1445 H semula direncanakan berlangsung di Tugu Apeksi, Aie Pacah.

“Sedianya Salat Idul Adha ini di Lapangan Tugu Apeksi akan tetapi kehendak Allah karena cuaca yang tidak memungkinkan pelaksanaannya dialihkan ke Masjid Ukhuwah, Balai Kota Padang ini,” kata Yosfriawan.

Dikatakannya, peserta Salat Idul Adha 1445 H kali ini adalah karyawan-karyawati dan pimpinan OPD di lingkungan Pemko Padang, masyarakat di sekitar Balai Kota Padang, dan jamaah Masjid Ukhuwah.

“Yang akan bertindak sebagai Khatib adalah Dr. H. Despi Dasmal, M. Ag dan Imam H. Irsyad, SIq, S. Ag,” katanya.

Pj Wako Padang, Andree Algamar dalam sambutannya menyebut bahwa dengan tema jadikan semangat Idul Adha sebagai penguat ketaqwaan kepada Allah, maka kebersediaan berkurban merupakan bukti keimanan, kecintaan, dan kepasrahaan total seorang hamba kepada Allah.

“Kurban juga mengingatkan manusia bahwa jalan menuju kebahagian senantiasa menuntut pengorbanan. Jika puasa mengajarkan mereka yang terbiasa kenyang merasakan lapar maka kurban mengajarkan mereka makin peduli kepada yang membutuhkan,” katanya.

Andree Algamar menyebut banyak hal-hal positif yang dapat diambil dari pelaksanaan ibadah kurban. Apalagi tahun ini jumlah hewan kurban yang disembelih warga Kota Padang meningkatkan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Mudah-mudahanan dapat dinikmati seluruh warga Kota Padang. Kami percaya bahwa umat Islam di Kota Padang tentu tidak hanya memaknai ibadah kurban sebatas menyembelih hewan kurban dan membagikan dagingnya kepada saudara-suadara kita yang berhak menerima, akan tetapi lebih dari itu, pada hakekatnya ada makna filosofis yang perlu kita gali di balik peristiwa besar, yaitu ibadah kurban, mengajarkan untuk mencintai, saling menolong dan berbagi dengan sesama,” tegasnya.

Dia pun mengajak seluruh warga Kota Padang untuk dapat senantiasa mengambil makna positif dari ibadah kurban sehingga dapat terus lebih baik ke depannya.

“Akhirnya atas nama Pemko Padang kami mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 10 Djulhijah 1445 H, semoga nilai-nilai positif di balik pelaksanaan ibadah kurban dapat menjadikan kita lebih baik di mata Allah,” pungkasnya.

Usai melaksanakan Salat Idul Adha, Pj Wako Andree Algamar beserta seluruh jamaah mengikuti prosesi penyembelihan hewan kurban ASN Pemko Padang yang diperuntukkan untuk jamaah Masjid Ukuhwah Balai Kota Padang. (000/ril)

 

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait