6 Minuman Atasi Mual saat Hamil, Ibu Hamil Wajib Tahu

Jenis minuman untuk kehamilan
Menurut National Library of Medicine, sekitar 80% dari semua wanita hamil akan mengalami mual dan muntah di awal kehamilan dan jahe ditemukan sebagai penangkal yang ampuh untuk hal ini. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Mual saat hamil adalah hal normal yang dialami oleh banyak wanita selama kehamilan. Faktanya, menurut Western Australia Department of Health fenomena mual saat hamil memengaruhi antara 70 hingga 85 persen wanita hamil dari seluruh dunia.

Bacaan Lainnya

Kondisi ini dikaitkan dengan perubahan kadar hormon selama kehamilan. Sebagian wanita ada yang cukup beruntung sehingga tak perlu mengalami mual saat hamil, sementara sebagian lain bisa mengalami mual muntah yang parah disertai sakit kepala dan gejala lainnya sehingga memerlukan perawatan di rumah sakit.

Apabila Anda sedang hamil dan mulai merasakan tanda-tanda mual terutama di pagi hari, tak perlu khawatir. Sebab, ada banyak cara ala rumahan yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman atasi mual saat hamil. Berikut beberapa jenis minuman untuk kehamilan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Teh Herbal

Minuman atasi mual saat hamil yang pertama adalah teh herbal. Tetap terhidrasi adalah kunci utama untuk menenangkan perut dan merehidrasi tubuh setelah muntah-muntah saat hamil.

Meskipun air putih akan selalu menjadi pilihan utama yang harus dikonsumsi, menyeruput teh herbal yang aman untuk kehamilan seperti teh raspberry merah, lemon, spearmint, peppermint, peach, atau chamomile dapat memberikan beberapa manfaat pereda mual tambahan.

Minumlah teh herbal ini secara teratur sedikit demi sedikit agar Anda tidak memicu rasa mual yang berkepanjangan. Jika teh herbal panas tak terlalu sesuai dengan selera Anda, Anda bisa meminumnya dalam kondisi dingin dan tak lupa tambahkan es batu untuk memberikan kesegaran.

Air Jahe

Jenis minuman untuk kehamilan yang kedua adalah air jahe. Dilansir dari laman Parents, jahe adalah akar yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Jahe adalah salah satu bahan terbaik untuk dikonsumsi saat Anda merasa mual.

Jahe telah dipelajari secara ekstensif dan terbukti sangat efektif untuk meredakan gejala mual. Menurut National Library of Medicine, sekitar 80% dari semua wanita hamil akan mengalami mual dan muntah di awal kehamilan dan jahe ditemukan sebagai penangkal yang ampuh untuk hal ini.

Anda bisa mengonsumsi jahe dalam berbagai bentuk, tak hanya sebagai air rebusan jahe saja. Cobalah teh dan soda jahe, es loli jahe, permen jahe, dan sebagainya sesuai kreasi dan selera. Anda juga bisa menambahkan jahe ke dalam masakan-masakan Anda untuk memperkuat rasa dan mengambil manfaat kesehatannya.

Air Lemon

Minuman atasi mual saat hamil yang ketiga adalah air lemon. Saat hamil, pastikan Anda memiliki stok lemon yang cukup di rumah. Pasalnya, aroma dan rasa buah lemon yang menyegarkan dapat menenangkan perut Anda saat mual melanda.

Peras lemon utuh, ambil sarinya, dan seduh dengan air hangat atau es sesuai selera. Teguk setiap pagi Anda merasa mual dan merasa ingin muntah. Meskipun penelitian masih belum mengetahui seberapa aman mengonsumsi lemon dalam jumlah besar selama kehamilan, ada bukti bahwa mencium aroma lemon tidak hanya aman tetapi juga efektif untuk menghentikan mual.

Dalam sebuah studi tahun 2014 yang termuat dalam Iranian Red Crescent Medical Journal, para peneliti menemukan bahwa mengendus aromaterapi beraroma lemon memiliki dampak menurunkan rasa mual yang signifikan secara statistik pada wanita hamil.

Kaldu

Kaldu mungkin bukanlah minuman, namun kaldu adalah cairan yang dapat dikonsumsi sebagai minuman atasi mual saat hamil yang berikutnya. Tak hanya mudah dikonsumsi, kaldu juga mengandung elektrolit untuk mencegah dehidrasi yang merupakan efek samping umum dari mual dan muntah.

Elektrolit adalah kunci hidrasi karena mengandung natrium dan kalium. Mineral esensial ini membantu menjaga volume darah tetap tinggi dan mengalir dengan lancar, yang dapat mencegah dehidrasi dan mual.

Air Kelapa

Minuman atasi mual saat hamil yang kelima adalah air kelapa. Diketahui, air kelapa berperan sama baiknya dengan minuman energi olahraga untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah mual dan muntah-muntah.

Air kelapa adalah cairan yang sehat karena mengandung banyak mineral. Saat merasa mual, minumlah air kelapa dengan campuran 1 sendok teh jus lemon setiap 15 menit atau saat rasa mual dan muntah muncul.

Ditambah, air kelapa juga dapat membersihkan saluran kemih dan menurunkan risiko terjadinya persalinan prematur. Untuk itu, penting diketahui bahwa terdapat banyak manfaat air kelapa untuk ibu hamil sehingga aman apabila dikonsumsi secara rutin.

Susu

Anda pasti bertanya-tanya mengapa susu baik dan direkomendasikan sebagai minuman atasi mual saat hamil. Faktanya, susu adalah minuman kaya manfaat yang penting dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap ibu hamil. Anda bisa sedikit mencampurkan jus buah ke dalam susu untuk membantu mengurangi mual.

Akan lebih baik lagi jika Anda memilih jenis susu yang dikhususkan untuk ibu hamil. Karena selai mengurangi mual, Anda juga akan mendapat asupan nutrisi dalam dosis yang tepat untuk masa kehamilan.

Itulah penjelasan tentang beberapa jenis minuman untuk kehamilan. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait