Kain Rayon: Pengertian, Karakteristik, dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Karakteristik Jenis Rayon
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Pengertian, Karakteristik, dan Jenis Kain Rayon

Bacaan Lainnya

Dalam memilih kain ini tentunya kita harus paham ada jenis kain apa saja yang nyaman untuk dibuat menjadi pakaian. Contohnya seperti kain rayon. Rayon adalah kain yang dibuat dari selulosa murni. Selulosa adalah hasil pengolahan ampas kayu. Meski rayon dibuat dari bahan alami, namun proses pembuatannya menggunakan beberapa bahan kimia dan dapat dianggap sebagai kain semi sintetis.

Pengertian Kain Rayon

Kain rayon adalah salah satu kain yang populer di industri tekstil. Tidak hanya dapat digunakan untuk produksi pakaian, namun kain ini juga dapat digunakan untuk produksi pembuatan pakaian muslim. Kain yang satu ini memiliki popularitas yang tidak kalah dengan kain katun.

Karakteristik Kain Rayon

Karena kain rayon dianggap sebagai salah satu kain yang populer di industri tekstil, artinya kain ini memiliki karakteristik yang unik dan nyaman. Berikut adalah beberapa karakteristik dari kain rayon.

  1. Kain rayon tidak mudah kusut, sehingga kain ini sangat mudah untuk disetrika. Untuk merapikan kain ini tentunya juga tidak membutuhkan waktu yang lama karena tidak mudah kusut;
  2. Kilauan pada kain ini cukup tinggi;
  3. Kain rayon mengandung serat dari bahan kimia seperti oksigen, karbon, dan juga hidrogen;
  4. Teksturnya halus dan lembut, sehingga kain ini akan terasa nyaman ketika dipakai;
  5. Salah satu jenis kain yang licin, mirip seperti kain sutra;
  6. Dikenal sebagai kain yang mudah terbakar daripada kain lain;
  7. Memiliki daya serap yang tinggi;
  8. Daya tahan dari bentuk serat rayon ini rendah, sehingga teksturnya kurang elastis;
  9. Kain rayon memiliki bahan yang mudah untuk diwarnai, sehingga dalam produksinya menghasilkan warna yang beragam.

    Jenis-Jenis Kain Rayon

Dalam memilih kain rayon tentunya harus mengenal jenis-jenisnya agar tahu lebih dalam mengenai kain yang dipilih, dan sesuai dengan kegunaannya. Berikut adalah jenis-jenis kain rayon.

  1. Rayon Spandex

Rayon spandex ini merupakan sebuah kombinasi antara bahan rayon dan juga spandex atau dikenal dengan elastane. Rayon spandex ini memiliki karakter yang hampir mirip dengan kain katun. Kain ini memiliki karakteristik tidak berkilau, lembut, elastis, halus, nyaman, dan dapat menyerap keringat. Kombinasi rayon dengan spandex ini juga memiliki jenis lain seperti rayon semi spandex dan rayon spandex super.

Rayon semi spandex memiliki karakter yang mirip dengan rayon spandex, namun memiliki kadar spandex yang lebuh banyak sehingga membuat kain lebih elastis. Kain rayon spandex ini cocok diproduksi untuk pembuatan kaos, hijab, dan khususnya pakaian olahraga. Karena dalam berolahraga dibutuhkan pakaian yang lentur untuk mengikuti bentuk gerakan dalam olahraga.

  1. Rayon Polyester

Berbeda dengan jenis-jenis kain rayon lainnya, kain rayon polyester memiliki bahan yang lebih kasar dan kaku. Karena bahannya kasar dan kaku maka hal tersebut membuat kain rayon polyester ini lebih mudah sobek. Semakin banyak bahan polyester yang terdapat pada kain rayon maka kain akan semakin rapuh. Hal tersebut juga membuat kain rayon polyester semakin murah.

  1. Rayon Jersey

Kain rayon jersey ini cukup menarik karena terdapat tiga bahan dalam pembuatannya. Bahan-bahan tersebut meliputi wol, sintetis, dan katun. Kain ini merupakan kombinasi antara rayon dengan jersey. Kain rayon jersey yang ada di pasaran bisa dibedakan dari campuran bahan yang digunakan dalam pembuatannya.

  1. Rayon Crinkle

Kain rayon crinkel ini adalah jenis kain yang paling unik di antara ketiga jenisnya. Tekstur kain rayon ini bergelombang. Meski terlihat seperti kain kusut, namun kain ini tetap saja terasa halus. Kain ini juga ringan dan tentunya nyaman ketika dipakai.

Itulah pengertian, karakteristik, dan jenis kain rayon. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait