Kampung Inggris Agam “Go International” Terima Kunjungan Canada World Youth

Bupati Agam Andri Warman menerima kunjungan Penasihat Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Sumatera Barat (Sumbar) Shofwan Karim bersama dengan Ms. Shannon Elizabeth Finnegan dari Canada World Youth (CWY), Sabtu (4/11/2023) di Mess Pemda Agam di Bukittinggi. (Foto: Pemkab Agam/sumbarfokus.com)

AGAM (SumbarFokus)

Bupati Agam Andri Warman menerima kunjungan Penasihat Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Sumatera Barat (Sumbar) Shofwan Karim bersama dengan Ms. Shannon Elizabeth Finnegan dari Canada World Youth (CWY), Sabtu (4/11/2023) di Mess Pemda Agam di Bukittinggi. Dalam kesempatan itu hadir Tenaga Ahli (TA) Bupati Agam Efri Yoni yang juga sebagai fasilitator kunjungan.

Bacaan Lainnya

Penasihat PCMI Sumbar yang mantan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar tersebut menyampaikan bahwa pertemuan dimaksudkan sebagai bentuk rekognisi dan dukungan bagi pengembangan Program Kampung Inggris Agam (KIA) karena Pemda Agam merupakan satu-satunya pemerintah daerah di Sumbar yang menyelenggarakan kursus Bahasa Inggris berbasis nagari.

Hal ini sejalan dengan Program PCMI Sumbar yang berfungsi melakukan seleksi bakat (talent hunt) di kalangan pemuda Sumbar yang layak mewakili provinsi ini dalam forum pertukaran pemuda internasional.

PCMI merupakan forum alumni Program Pertukaran Pemuda Indonesia dan luar negeri, sedangkan CWY adalah mitra Pemerintah Indonesia dalam menyelenggarakan program pertukaran Pemuda Indonesia dengan Kanada. Kegiatan pertukaran pemuda ini diselenggarakan setiap tahun oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Usai beraudiensi dengan Bupati Agam, CWY dan PCMI Sumbar melakukan presentasi dan kuliah motivasi mengenai peluang bagi peserta KIA mengikuti Program Pertukaran Pemuda Indonesia ke luar negeri. Kegiatan ini diikuti sebanyak 80 orang peserta KIA yang berasal dari 6 nagari Piloting Project yaitu: Biaro Gadang, Gadut, Batu Palano, Balingka, Lawang dan Manggopoh.

Selain itu hadir pula perwakilan dari “Go Global” Fakultas Pariwisata, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Para peserta tampak sangat antusias yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan terkait peluang dan kompetensi yang harus dikuasai untuk memenangi kompetisi ini. (000/007)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait