Kegiatan Pesantren Ramadan di Pasbar Resmi Dibuka

Para siswa siswi Tingkat SD/MI, SMP/MTS dan SMA/SMK/MA, saat mengikuti pembukaan kegiatan Pesantren Ramadan 1444 H di Masjid Agung Baitul Ilmi Simpang Empat, Senin (27/3/2023). (Foto: WISNU A. UTAMA)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Pembukaan Pesantren Ramadan Serentak kolaborasi SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK/MA se-Sumatera Barat (Sumbar) resmi dibuka oleh Gubernur Mahyeldi, secara daring dari Masjid Raya Sumatera Barat di Padang, Senin (27/3/2023).

Bacaan Lainnya

Gubernur menyampaikan kepada para guru dan insan pendidikan Sumatera Barat, bahwa sebuah kewajiban bagi para pendidik untuk menyiapkan generasi muda yang beriman, berilmu pengetahuan dan berkarakter.

“Para pelajar kita tingkat SD, SMP, dan SMA sekarang ini merupakan calon pemimpin masa depan 20 atau 30 tahun ke depan. Mereka inilah nanti yang menjadi pemimpin Sumatera Barat ini. Kalau generasi muda kita lemah, maka ke depan kita akan dipimpin oleh orang-orang lemah, dan kita tidak menginginkan hal demikian terjadi,” ungkapnya.

Kegiatan Pesantren Ramadan ini, merupakan bagian dari upaya pembentukan generasi muda Sumatera Barat yang beriman, berilmu dan berkarakter.

“Mari kita mendukung bersama agar kegiatan ini berjalan sukses di seluruh sekolah di Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat,” ujarnya.

Sementara itu, di Kabupaten Pasaman Barat kegiatan pembukaan Pesantren Ramadan kolaborasi dipusatkan di Masjid Agung Baitul Ilmi Simpang Empat Pasaman Barat.

Kegiatan tersebut diikuti oleh ribuan siswa, yang merupakan perwakilan SDN 09 Pasaman, SMPN 1 Pasaman, SMAN 1 Pasaman, SMKN 1 Pasaman, MTsN 4 Pasaman, dan MAN 5 Pasaman.

Selain para siswa siswi kegiatan pembukaan pesantren di Masjid Agung Pasaman Barat, acara juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Pasaman Barat Agusli, Kakan Kemenag M. Nur, Kacabdin Pendidikan Provinsi Wilayah Pasaman dan Pasaman Barat Efri, Kabid SMP Dinas Pendidikan Riswan dan jajaran Dinas Pendidikan Pasaman Barat, Korwil Kecamatan, Kepsek dan Guru sekolah yang mengikuti kegiatan pembukaan Pesantren Ramadan 1444 H tersebut.

Pada kegiatan pembukaan Pesantren Ramadan di Masjid Agung Baitul Ilmi, Bupati Pasaman Barat yang diwakili Kadis Pendidikan Pasaman Barat Agusli meminta kepada sekolah agar bersama-sama menyukseskan Pesantren Ramadan di Pasaman Barat. Terkhusus kepada guru, diminta agar berperan aktif dalam membimbing siswa-siswi sehingga kurikulum pesantren ramadhan yang direncanakan dapat tercapai dengan baik.

“Kegiatan ini bertujuan agar siswa terbiasa datang ke masjid, terbiasa salat berjamaah dan agar siswa mencintai masjid, maka pada Ramadan 1444 H ini, kegiatan pesantren sekolah dilaksanakan di masjid terdekat dari sekolah. Sementara itu, untuk jadwal pelaksanaannya direncanakan dari tanggal 25 Maret sampai 17 April 2023,” jelasnya.

Sebelumnya, Kakan Kemenag dan Kacabdin Pendidikan Pasaman Barat dan Pasaman juga mengimbau agar semua pihak terkait turut menyukseskan ibadah ramadhan dengan memperbanyak ibadah, meningkatkan kualitas ibadah dan mendekatkan diri dengan Al-Qur’an. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait