Ketua DPRD Sumbar Supardi: Salah Satu Ikhtiar Menghindari Bencana adalah Meramaikan Masjid

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi mengatakan bahwa salah satu ikhtiar yang harus dilakukan agar terhindar dari musibah adalah meramaikan masjid dengan berbagai kegiatan positif. (Foto: DPRD Sumbar/SumbarFokus.com)

PAYAKUMBUH (SumbarFokus)

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi mengatakan bahwa salah satu ikhtiar yang harus dilakukan agar terhindar dari musibah adalah meramaikan masjid dengan berbagai kegiatan positif.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikannya saat mengawali kegiatan Safari Ramadan 2024/1445 H di Masjid Istiqomah, Nagari Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, baru-baru ini.

Disebutkan, secara geografis, Sumbar terletak pada daerah yang dilalui oleh patahan semangko. Berbagai bencana alam siap terjadi kapan saja, tidak hanya gempa atau tsunami, banjir dan tanah longsor juga menghantui masyarakat yang tinggal pada daerah perkotaan hingga perbukitan.

“Agar terhindar dari musibah, salah satu ikhtiar yang harus dilakukan adalah meramaikan masjid,” katanya.

Menurutnya, dalam arah kebijakan penyelenggaraan pemerintahan daerah, DPRD dan Pemprov Sumbar terus memasyarakatkan pola kembali ke masjid, untuk melahirkan generasi emas dan menanamkan pola pendidikan karakter dengan nilai-nilai religius.

“Jadi jangan tunggu bencana dulu baru sadar akan pentingnya ibadah,” katanya.

Ditekankan, sejatinya masjid bukan sekedar tempat beribadah saja, namun bisa juga untuk aktivitas lainya, seperti bermusyawarah hingga pusat kegiatan pemuda seperti latihan silat. Oleh karena itu, masyarakat perlu meramaikan masjid, tidak hanya untuk datang salat berjamaah.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menyerahkan bantuan sebesar Rp50 juta untuk pembangunan masjid, ditambah 20 unit Al-Qur’an dan tambahan bantuan Rp10 juta dari Bank Nagari.

Diakui pihak masjid, masjid memang sangat membutuhkan bantuan, karena untuk renovasi saja dibutuhkan anggaran sekitar Rp100 juta-an.

“Tidak hanya itu renovasi kubah mesjid juga menyisakan hutang sebesar Rp10 juta,” sebutnya.

Dalam Safari Ramadan itu, Ketua DPRD Sumbar Supardi didampingi juga oleh Kepala Bagian (Kabag) Persidangan Peraturan Perundang-Undangan Kesekretariatan DPRD Sumbar Zardi Syahrir, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas Protokol Dahrul Idris, anggota Komisi Informasi (KI) Sumbar Mona Sisca dan Tanti Endang Lestari, serta Kepala Cabang Perwakilan Bank Nagari Payakumbuh Afrizon. (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait