Kolaborasi Pemko Sawahlunto dan PTBA UPO, 100 Bibit Pohon Flamboyan Hijaukan Kawasan Silo Saringan

Penyerahan bantuan bibit tanaman pohon dan buah oleh GM PT BA UPO didampingi Pj Wako Sawahlunto kepada Kades, di Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2023. (Foto: RIKI YUHERMAN/SumbarFokus.com)

SAWAHLUNTO (SumbarFokus)

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Zefnihan, didampingi General Manager (GM) UPO PT Bukit Asam Yulfaizon, melakukan penanaman pohon flamboyan di area Silo Saringan dalam rangka hari menanam pohon Indonesia (HMPI), Jumat (29/12/2023). Bibit tersebut bantuan dari PT BA UPO, berupa bibit pohon dan juga tanaman buah.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Pj Wako Zefnihan juga menyebut, kegiatan menanaman pohon ini merupakan aktivitas yang sangat luar biasa dalam upaya kontribusi menyelamatkan lingkungan demi keberlangsungan bumi masa depan generasi selanjutnya.

“Jangan hanya sekedar menanam saja, tapi tanggungjawab kita bersama untuk merawat dan memeliharanya, sehingga apa yang ditanam itu bermanfaat dan berdampak positif bagi lingkungan dan juga kita yang ada didalamnya,” ujar Zefnihan.

Zefnihan juga berharap, dengan kegiatan ini akan muncul kebun-kebun buah di kota tersebut. Dengan ini, dibuktikan pula keberhasilan dalam mengelola lahan bekas tambang batu bara menjadi lahan produktif, yakni kebun buah Kandi.

“Jangan hanya seremoni menanam saja, tapi amanah yang telah diberikan oleh pemberi bantuan hendaknya betul-betul ditanam dan dirawat. Hari ini kegiatan yang luar biasa. Saya berharap kepada semua yang terlibat, tolong dilaksanakan dengan baik, disayangi tanaman ini. Kita sayangi lingkungan kita sehingga membawa manfaat bagi semua,” sebutnya.

GM PT BA UPO Yulfaizon menyebut, untuk kegiatan ini, pihaknya memberikan 100 bibit pohon flamboyan, 2750 bibit alpukat, 750 bibit nangka, dan 750 bibit durian.

“Ini bentuk kontribusi dan tanggung jawab sosial perusahaan dalam menjaga lingkungan dan juga meningkatkan ekonomi masyarakat sekitarnya,” kata Yulfaizon.

Bibit tanaman buah itu dibagikan kepada sebelas desa dan dua kelurahan. Sementara untuk bibit pohon flamboyan diserahkan kepada Dinas Kawasan Permukiman Perumahan Pertanahan dan lingkungan hidup.

“Pihak kami akan senantiasa berkolaborasi dalam menyalurkan CSR bagi kota ini. Setidaknya Rp1,5 miliar telah disalurkan dana bagi masyarakat kota ini dengan berbagai jenis bidang seperti pendidikan, pertanian, UMKM dan lainnya,” sebut Yulfaizon.

Sementara, Kabid LH Heantomas menyebut, penanaman pohon di sekitar kawasan Silo ini diharapkan dapat berkontribusi nantinya dalam mengurangi polusi udara dan menyegarka udara disekitar.
“Meski indeks kualitas udara di Sawahlunto dalam kategori baik, namin dengan ditambahnya tanaman pohon pelindung yang ditanam hari ini, akan membuat semakin baik dan nyama udara dikota ini,” sebut dia. (025)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait