Kunjungi Unit PLN Sumbar, Archandra Tahar Tekankan Service Excellent

Archandra Tahar, Komisaris PT PLN (Persero) kunjungi salah satu unit di bawah koordinasi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar, yaitu PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pariaman, pada Kamis (2/4/2024). (Foto: PLN Sumbar/SumbarFokus.com)

PARIAMAN (SumbarFokus)

Archandra Tahar, Komisaris PT PLN (Persero) kunjungi salah satu unit di bawah koordinasi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar, yaitu PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pariaman, pada Kamis (2/4/2024).

Bacaan Lainnya

Kepada pegawai dan seluruh petugas Pelayanan Teknik (Yantek) yang sedang berdinas, Putra asli Pariaman Sumatera Barat yang sukses berkiprah di luar negeri ini berbagi pengalaman untuk membuka cakrawala berfikir dan motivasi insan PLN. Arcandra percaya, pengalaman adalah guru yang berharga untuk membangun suatu perusahaan terus melangkah lebih baik.

Seperti PLN yang berpengalaman lebih dari 79 tahun, maka perubahan visi misi serta berbagai kemajuan dan transformasi PLN adalah hasil dari ramuan berbagai pengalaman. ‘’Visi PLN saat ini adalah menjadi perusahaan terkemuka se-Asia Tenggara dan No. 1 pilihan pelanggan untuk solusi energi. Untuk menjadi nomor 1 dan terkemuka, perlu kesungguhan dari seluruh SDM, yaitu Bapak Ibu sekalian,” sampainya.

Perusahaan yang terkemuka atau unggul, menurut Arcandra, mesti berfokus pada service excellence, yaitu mengedepankan kepuasan pelanggan dengan mempersiapkan pelayanan terbaik. Meskipun PLN adalah satu-satunya perusahaan yang mendapatkan mandat pemerintah untuk layanan kelistrikan, pelayanan terbaik tetap harus menjadi prioritas.

‘’Memberi pelayanan terbaik jauh lebih efisien ketimbang marketing atau publikasi apapun. Seperti perbaiki kantor kita untuk kenyamanan pelanggan yang berkunjung, berikan pelayanan yang ramah dan menyenangkan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, tanpa promosi, pelanggan yang merasa puas dan nyaman akan memberi review sendiri bahwa pelayanan PLN sudah baik,” jelas Arcandra.

Sementara itu General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho, di tempat terpisah menyampaikan, salah satu upaya PLN untuk memberikan service excellence kepada pelanggan adalah dengan memberikan pelayanan cepat dan efisien melalui transformasi digital PLN Mobile.

Melalui PLN Mobile pelanggan dapat melakukan layanan pasang baru, tambah daya, bayar tagihan listrik, pembelian token, penyampaian keluhan, catat meter mandiri, hingga berbagai informasi terkait PLN lain.

‘’Aplikasi PLN Mobile telah menjadi platform yang berorientasi pada one stop solution untuk segala kebutuhan pelanggan. Inilah salah satu transformasi PLN yang berangkat dari keinginan kami memberikan service excellence kepada seluruh pelanggan,” lanjut Eric, Jumat (3/4/2024).

Pegawai PLN, terang Eric kemudian, juga dibekali berbagai pendidikan dan pelatihan terkait public speaking, pelayanan prima, serta teknik negosiasi. Peningkatan softskill pegawai dalam menghadapi berbagai pelanggan dan berbagai kondisi lapangan dianggap penting dalam pemenuhan pelayanan terbaik. (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait