Pemilu 2024, Ini Hasil Pemungutan dan Penghitungan Suara Kota Padang

Suasana penetapan hasil pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024, digelar KPU Kota Padang, Jumat (2/5/2024). (Foto: Ist./SumbarFokus)

PADANG (SumbarFokus)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menggelar Ekspos Hasil Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum tahun 2024 bersama Stakeholder dan Awak Media, Jumat (3/5/2024), di Padang. Dikemukakan oleh Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra, dalam kesempatan itu, tahapan Pemilu 2024 sudah masuk di tahap penyelesaian.

Secara nasional, KPU hanya disibukkan oleh satu kegiatan lagi, yaitu terkait penyelesaian tahapan pemilu, yakni sengketa hasil perselisihan hasil pemilu yang hari ini sedang berlangsung di Mahkamah Konstitusi. Itu secara nasional. Sedangkan di tingkat lokal, Alhamdulillah, kesibukan yang sedang berlangsung di nasional, tidak begitu banyak mendatangkan kesibukan tambahan bagi KPU Kota Padang untuk selesaikan tahapan Pemilu ini,” demikian tutur Ketua KPU Padang.

Disyukuri, untuk pemilu di Kota Padang, tidak ada dinyatakan oleh MK adanya sengketa hasil pemilu.

“Dengan sudah ditetapkan perolehan kursi, hanya ada satu lagi tahapan Pemilu, yaitu pengucapan sumpah janji dan pelantikan anggota DPRD terpilih, sesuai jadwal, pertengahan Agustus 2024,” ungkap Riki.

Namun diingatkan, dengan sudah masuknya tahapan ke penyelesaian, bukan berarti semua pihak sudah lepas dari agenda nasional yang ditetapkan KPU RI, karena masyarakat juga sedang bersiap untuk masuk pada rangkaian tahapan penyelenggaraan pilihan kepala daerah.

“Insyaallah paling lambat akhir Mai akan dilaksanakan peluncuran pilkada 2024 kota Padang. Sebelum peluncuran, KPU Padang tetap harus memulai tatib. Seperti pembentukan badan ad hoc, dan lainnya,” tambahnya.

Terkait penetapan perolehan kursi dan calon terpilih oleh KPU Padang, yang sebelumnya telah ditetapkan melalui rapat pleno pada Kamis (2/5/2024), diketahui, dari 18 partai politik peserta pemilu, 10 partai politik memperoleh kursi dan calon terpilih di DPRD Kota Padang.

Berikut partai politik yang memperoleh kursi dan calon terpilih di DPRD kota Padang pada pemilu 2024:

PKB 4 kursi
Partai Gerindra 7 kursi
PDI-P 3 kursi
Partai Golkar 5 kursi
Partai Nasdem 7 kursi
PKS 7 kursi
PAN 5 kursi
Partai Demokrat 4 kursi
PPP 2 kursi
Partai Ummat 1 kursi

Sementara, dari enam daerah pemilihan atau Dapil di Kota Padang, perolehan kursi dan calon terpilih dari masing-masing dapil adalah sebagai berikut:

Dapil 1 ada 10 kursi
Dapil 2 ada 7 kursi
Dapil 3 ada 7 kursi
Dapil 4 ada 6 kursi
Dapil 5 ada 7 kursi
Dapil 6 ada 8 kursi.

(003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait