Lakukan Ini Jika Anda Sedang Overthinking

Lakukan ini jika Anda sedang overthinking. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Overthinking atau berpikir berlebihan adalah kecenderungan untuk memikirkan suatu hal secara berlebihan dan berulang-ulang.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Overthinking dapat berdampak negatif pada kesehatan mental. Overthinking juga bisa membuat orang mengalami susah tidur dan memberikan gangguan pada kontrol nafsu makan.

Kondisi ini tentunya dapat memengaruhi keadaan psikis seseorang, sehingga penting untuk penderita menemukan cara mengatasinya. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi overthinking:

1. Alihkan Perhatian
Otak mungkin menemukan cara yang lebih baik untuk mencari solusi dari saat Anda terganggu dengan tugas lain. Dan daripada terus memikirkan masalahnya lebih baik mengalihkan perhatian terhadap hal-hal yang lebih positif.

2. Latih Penerimaan Diri
Overthinking sering kali berasal dari memikirkan kesalahan masa lalu atau mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat kamu ubah. Untuk itu Anda harus menerima diri Anda apa adanya, peluk diri Anda dan katakan pada dirimu sendiri kalau “saya berharap”.

3. Lakukan Terapi
Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan saat overthinking adalah melakukan terapi. Seorang profesional kesehatan mental dapat mengajari keterampilan yang akan membantu Anda berhenti terobsesi, merenungkan, dan memikirkan hal-hal yang tidak membantu. (BBS/Magang/Dewi)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait