Lampu Mobil Mendadak Mati saat Berkendara di Malam Hari, Periksa Hal Ini!

Saat berkendara di malam hari, pengendara bisa saja mengalami kendala tidak mengenakkan, yaitu lampu depan mobil yang mati mendadak. (Foto: Pin./sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Saat berkendara di malam hari, pengendara bisa saja mengalami kendala tidak mengenakkan, yaitu lampu depan mobil yang mati mendadak. Hal ini berisiko dan membuat pengendara menjadi was-was. Dalam kondisi seperti itu, pengendara tidak perlu panik dan segera periksakan faktor-faktor berikut:

Bacaan Lainnya

Lampu rusak

Lampu yang putus atau sudah lama bisa mati tanpa peringatan biasanya menjadi permasalahan umum matinya lampu mobil secara mendadak. Jika menemukan lampu yang rusak atau mati, segera ganti. Lakukan pengecekan terhadap semua lampu mobil Anda Pastikan tidak ada lampu yang rusak atau mati.

Kabel atau konektor rusak

Kabel atau konektor yang rusak bisa menghentikan aliran listrik ke lampu. Periksakan kabel dan konektor listrik kendaraan Anda secara berkala. Pastikan tidak ada kabel atau konektor yang rusak.

Fusible link rusak

Fusible link adalah komponen kecil dalam sistem listrik yang melindungi komponen lain dari kerusakan akibat arus berlebih. Jika fusible link rusak, maka dapat membuat lampu mati. Hal termudah untuk memeriksa fusible link adalah membawa kendaraan anda ke bengkel yang menangani permasalahan mobil.

Sakelar atau relay rusak

Sakelar atau relay yang rusak dalam sistem listrik juga dapat menjadi penyebab lampu mati. Hal ini bisa terjadi akibat keausan atau gangguan dalam komponen tersebut mengutip keterangan resmi Suzuki.

Baterai drop

Salah satu penyebab paling umum adalah baterai mobil yang lemah atau habis. Baterai yang tidak mencukupi daya akan membuat lampu mati dan kendaraan mungkin tidak akan bisa dinyalakan. Ada baiknya untuk mengecek aki atau suplai kelistrikan pada mobil Anda, sehingga kondisi lampu bisa nyala dengan sempurna.

Itulah langkah-langkah yang bisa kita atasi jika lampu mobil mati. Jika ragu, konsultasikan kepada teknisi yang ahli pada bidangnya agar bisa terhindar dari kerusakan fatal. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait