Lepas Ratusan Jamaah Haji, Bupati Sabar AS Doakan Semoga Mendapat Haji yang Mabrur

Bupati Pasaman Sabar AS melepas keberangkatan jemaah haji Kabupaten Pasaman. (Foto : Pemkab Pasaman / Sumbarfokus.com)

PASAMAN (SumbarFokus)

Sebanyak 233 jamaah haji dilepas Bupati Pasaman Sabar AS, di halaman Gedung Islamic Center Lubuk Sikaping, Rabu (29/5/2024).

Bacaan Lainnya

Pelepasan calon jamaah haji tersebut juga dihadiri oleh Plt Sekda Pasaman Yasri Uripsyah, Ketua DPRD Pasaman, Forkopimda, Kepala OPD, BUMD, dan ratusan sanak saudara calon jemaah haji.

Dalam laporannya, Kepala Staf Urusan Haji dan Umroh Kabupaten Pasaman Nafrizal menyebutkan, untuk calon jemaah haji Kabupaten Pasaman yang diberangkatkan saat ini sebanyak 233 orang yang terbagi menjadi dua kloter, di mana untuk kloter 16 berjumlah 227 orang, sementara untuk kloter 17 sebanyak enam orang.

Dalam hal ini, seluruh peserta calon jemaah haji akan diberangkatkan ke Asrama Haji Padang dengan menggunakan sembilan unit armada bus.

Dijelaskan Nafrizal, Untuk kloter 16 nantinya akan bergabung dengan calon jamaah haji Kota Padang, sedangkan untuk kloter 17 merupakan gabungan sisa jemaah haji yang ada di Sumatera Barat.

“Dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman, terbanyak calon jamaah haji yang diberangkatkan adalah Kecamatan Lubuk Sikaping berjumlah 59 orang, sedangkan yang paling sedikit kecamatan Simpati berjumlah 5 orang, dan untuk peserta tertua untuk calon jamaah haji kali ini bernama Tiolom Siregar berusia 89 tahun, berasal dari Kecamatan Padang Gelugur, dan calon jemaah haji termuda untuk tahun ini Muhammad Ikhsan Sudirman, berusia 22 tahun, berasal dari kecamatan Lubuk Sikaping,” ungkap Nafrizal.

Bupati Pasaman Sabar AS, dalam arahannya mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman, pihaknya mengucapkan menunaikan ibadah haji, dan agar para jemaah tetap menjaga selalu menjaga kesehatan selama di Tanah Suci.

“Kita berdoa semoga seluruh calon jemaah haji bisa kembali ke kampung halaman dengan selamat, dan mendapat haji yang mabrur dari Allah. Panggilan haji ini adalah merupakan panggilan yang istimewa yg perlu disyukuri, dan permohonan doa untuk kemajuan kabupaten Pasaman ke depan,” tutur Sabar AS.

Selanjutnya, Sabar AS mengimbau, kiranya para calon jemaah haji bisa menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan ibadah haji dan perbuatan yang sia-sia.

“Tentunya yang dapat mengurangi pahala serta kekhusyukan dalam beribadah,” katanya. (016)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait