Lifehacks Atasi Bau Sepatu, Cocok untuk Anda yang Aktif Berkegiatan

Lifehacks Atasi Bau Sepatu, Cocok untuk Anda yang Aktif Berkegiatan. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Bagi kebanyakan orang Indonesia, sepatu seringkali digunakan untuk berkegiatan sehari-hari, terutama saat bekerja, bersekolah, atau ke tempat umum.

Bacaan Lainnya

Kadang kala, sepatu mengeluarkan bau yang kurang sedap. Hal ini tentu membuat Anda merasa minder.

Mengatasi bau kurang sedap pada sepatu bisa dilakukan dengan beberapa metode yang mudah dan efektif. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba.

  1. Menggunakan Baking Soda

Taburkan baking soda di dalam sepatu setelah memakainya. Biarkan semalaman, lalu buang baking soda keesokan harinya. Baking soda akan menyerap bau dan kelembapan.

  1. Menggunakan Kantong Teh

Masukkan kantong teh kering ke dalam sepatu. Biarkan itu berada di dalam sepatu semalaman. Kantong teh akan menyerap bau tidak sedap dan meninggalkan aroma segar.

  1. Menggunakan Cuka Putih

Campurkan cuka putih dengan air (rasio 1:1). Kemudian semprotkan campuran ini ke dalam sepatu. Selanjutnya biarkan sepatu mengering di tempat yang terkena aliran udara.

  1. Menggunakan Arang Aktif

Letakkan beberapa potongan arang aktif di dalam sepatu. Biarkan selama beberapa hari. Arang aktif sangat efektif dalam menyerap bau dan kelembapan.

  1. Menggunakan Kulit Jeruk atau Lemon

Letakkan kulit jeruk atau lemon segar di dalam sepatu dan biarkan semalaman. Kulit jeruk atau lemon akan memberikan aroma segar pada sepatu.

  1. Rajin Mencuci Sol dalam Sepatu

Lepaskan sol dalam sepatu dan cuci dengan sabun antibakteri. Biarkan sol kering sepenuhnya sebelum memasangnya kembali ke dalam sepatu.

  1. Menggunakan Minyak Esensial

Teteskan beberapa tetes minyak esensial (misalnya lavender atau tea tree oil) pada bola kapas. Letakkan bola kapas tersebut di dalam sepatu. Minyak esensial akan memberikan aroma segar dan memiliki sifat antibakteri.

  1. Mengganti Kaus Kaki Secara Teratur

Pastikan Anda selalu memakai kaus kaki yang bersih. Ganti kaus kaki setiap hari untuk mencegah penumpukan keringat dan bakteri.

Dengan mengikuti beberapa tips tersebut, Anda bisa mengatasi bau tidak sedap pada sepatu dan menjaga sepatu tetap segar dan nyaman digunakan. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait