Manfaat HTTP atau HTTPS

Manfaat HTTP atau HTTPS
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

HTTP itu sendiri memiliki beberapa manfaat. Berikut ini beberapa manfaat dari HTTP yang perlu Anda ketahui.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Manfaat HTTP atau HTTPS

  1. Lebih Dipercaya Oleh Para Pengguna dan Web Browser

Website yang menggunakan HTTPS mirip seperti restoran yang menampilkan logo “Halal” dari BPOM yang mana calon pelanggan kemudian akan lebih percaya bahwa mereka kemudian terlindungi dari makanan non-halal.

Seperti yang telah dibahas di awal bahwa HTTPS merupakan protokol yang menggunakan sertifikat SSL atau TLS dalam mengenkripsi komunikasi, sehingga meminimalisir upaya hacker untuk mencuri data.

SSL (Secure Socket Layer) ataupun TLS akan mengonfirmasi kepada pengguna bahwa mereka terhubung serta data mereka terlindungi di server website yang sedang Anda miliki atau sedang Anda buka. Dengan begitu, Anda sebagai pemilik web juga akan mencegah berbagai jenis cyberattack. Meskipun beberapa pengguna mungkin tak menyadari tentang manfaat SSL atau TLS ini, web browser modern kemudian akan memastikan bahwa mereka peduli dengan faktor kepercayaan website.

  1. Keamanan Komunikasi Website Menjadi Lebih Terjamin

HTTPS merupakan sebuah protokol yang membuat data kemudian dienkripsi saat transit dari dan ke server asal. Protokol ini juga akan membantu menjaga komunikasi dan interaksi online agar tetap aman, sehingga orang-orang jahat seperti diantaranya para hacker tidak dapat mengintip serta mengambil data apa pun yang sedang dikirim.

Contohnya, username dan password pengguna tidak dapat dicuri saat pengguna tengah mengisi formulir login ke suatu akun. Jika website ataupun aplikasi web harus mengirimkan data sensitif atau pribadi kepada pengguna (misalnya, diantaranya informasi rekening bank), proses enkripsi juga melindungi data tersebut.

  1. Autentikasi Website

Autentikasi merupakan proses memverifikasi bahwa validitas seseorang ataupun mesin dalam proses komunikasi antara pengguna dengan website. Dalam HTTP, tidak ada proses verifikasi identitas karena proses HTTP ini kemudian didasarkan kepada prinsip kepercayaan.

Meski begitu, HTTP tidak serta merta membuat keputusan memercayai semua web server secara implisit. Sebab, mereka kemudian hanya memiliki prioritas selain keamanan pada saat itu. Namun, di internet modern seperti sekarang, proses autentikasi HTTPS sangat penting.

Jika diibaratkan, Anda jangan sampai naik ke kendaraan yang tak sama dengan informasi yang tertera pada aplikasi hanya karena pengemudi mengatakan “ganti dengan kendaraan lain”. Dengan begitu, saat pengguna menggunakan website Anda, mereka kemudian tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi di balik layar website serta siapa orang yang mengelola datanya.

Sertifikat SSL yang berperan dalam mengaktifkan HTTPS diantaranya adalah informasi pengemudi di aplikasi ojek online tadi. SSL juga akan mewakili proses verifikasi eksternal oleh web server pihak ketiga tepercaya.

Selain ketiga poin di atas, terdapat banyak manfaat lain yang akan Anda dapatkan dari HTTPS di antaranya adalah ranking dan kinerja website pada search engine yang lebih baik. Tidak hanya itu, protokol HTTP secure juga sangat diperlukan supaya dapat mempermudah pengaksesan fitur browser modern seperti di antaranya API hardware WebUSB dan akses Bluetooth.

Penutup

HTTP sebagai suatu komponen website yang mengatur pertukaran data yang terjadi di dalam internet. Protokol yang akan membuat web client (browser) dan web server (aplikasi web) kemudian dapat terhubung. Adapun protokol HTTP membantu untuk mengatur proses transmisi dan bagaimana format data dikirimkan.

Itulah mengapa protokol HTTP bisa dikatakan sebagai bagian yang penting. Bahkan, saking pentingnya, HTTP kemudian terus dikembangkan ditandai dengan munculnya protokol HTTPS yang menggantikan versi HTTP lama.

Dalam praktiknya, HTTPS ini menggunakan teknologi bernama HSTS. HSTS adalah metode dimana website kemudian akan memaksa browser memakai sambungan HTTPS.

Itulah penjelasan mengenai manfaat HTTP atau HTTPS. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait