Masih Suasana Tahun Baru 2024, Harga Emas Naik

Seorang konsumen tengah berbincang dengan pedagang emas di Pasar Raya Padang. (Foto: ZENI TRADESTA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Masih suasana awal tahun 2024, harga emas mengalami kenaikan sampai Rp8 ribu per satu gram. Ini dikatakan Ilham, pemilik Toko Emas Sumatera Jaya, Rabu (10/1/2024).

Bacaan Lainnya

“Harga emas hari ini dibanding kemarin naik sedikit, sekarang paling satu gram-nya mencapai Rp1.008.000, dan satu emasnya Rp2.520.000. Sedangkan harga sebelumnya untuk satu emas Rp2.512.000,” ungkap dia.

Sementara, di Toko Mas Cantik, harga emas juga mengalami peningkatan sekitar Rp100.000. Ini disampaikan oleh karyawan toko, Beri.

“Naiknya sekitar Rp100.000 per gram. Awal tahun harganya Rp1.000.000 per gram, di tahun kemarin sekitar Rp850.000 sampai Rp900.000 per gram,” ujarnya.

Diketahui, umumnya di tiap toko memasang harga emas yang berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh masing-masing toko. Namun, perbandingan harga emas yang ada antar toko biasanya tidak jauh berbeda.

“Beda karena tergantung kebijakan masing-masing toko. Tapi secara umum harga emas di tiap toko tidak jauh berbeda, karena patokan kita sama, sama-sama harga dunia. Kalau ada yang beda, misalnya ada yang Rp2.500.000, ada yang Rp2.400.000,” jelas Ilham.

Ilham menambahkan, perbedaan harga emas di setiap toko di Pasar Raya Padang dikarenakan mereka berpatokan pada sistem ‘Toke’. Sistem ini yang akan menentukan harga emas setiap hari.

Diungkapkan, biasanya, di setiap pasar itu ada ‘toke’, yang akan menjadi penentu harga di hari tersebut. Toke tidak selalu bergantung ke satu toko, melainkan bisa pindah-pindah, tergantung toko man yang hari itu punya dana atau stok barang banyak dan berani membeli dengan harga tertinggi. Contohnya, toko A paling tinggi, berani beli Rp1.010.000, toko sebelahnya Rp1.011.000, maka toko lain akan berpatok pada toko tersebut.

Di sisi konsumen, diketahui pembeli memilih berinvestasi lewat emas. Seperti Ita (42), konsumen toko Sumatera Jaya, menyatakan lebih memilih berinvestasi menggunakan emas ketimbang menyimpan uang dengan cara lain.

“Tujuan saya membeli emas adalah untuk menabung. Jika sudah ada uang maka saya akan membeli nya. Alasan saya memilih menyimpan uang menggunakan emas karena prosesnya yang mudah. Jika lagi butuh uang, langsung bisa menjualnya kembali,” sebutnya. (tim-magang)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait