Cara yang Benar Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Terhindar Bakteri

Menyimpan daging kurban Iduladha
Ilustrasi. (Canva/Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Daging kurban saat Iduladha mungkin tidak langsung Anda olah. Umumnya, daging kurban akan diletakkan dalam kulkas agar tidak cepat busuk. Namun, jangan asal memasukkan daging ke kulkas, ya. Lebih baik ikuti cara menyimpan daging kurbanyang efektif berikut.

Bacaan Lainnya

Cara menyimpan daging kurban iduladha ini tidak hanya membuatnya awet, tetapi tekstur dan cita rasanya pun terjaga. Jadi, Anda bisa masak daging kurban kapan pun. Untuk itu, simak cara menyimpan daging kurban berikut ini.

  1. Masukkan daging mentah ke freezer

Jika tidak langsung dimasak, menyimpan daging di dalam freezer bisa Anda lakukan. Ini terbilang efektif, karena pertumbuhan bakteri akan terhambat.

Namun, sebelumnya, jangan terlalu lama meletakkan daging kurban di suhu ruang, karena bisa memicu pertumbuhan baeri.

  1. Jangan cuci daging kurban

Faktanya, daging sapi dan kambing sudah mengandung banyak air, sehingga tidak perlu dicuci guna menjaga teksturnya. Di samping itu, mencuci justru dapat menyebabkan perubahan rasa.

Selain itu, cara menyimpan daging kurban dengan dicuci terlebih dahulu akan membuat kontaminasi bakteri makin banyak. Hal ini bisa membuat proses pembusukan daging makin cepat.

  1. Tulis tanggal penyimpanan

Anda bisa memberikan catatan pada setiap bungkusan daging, guna mengetahui manakah daging kurban baru atau telah disimpan lama. Cara menyimpan daging kurban ini pun dapat meminimalkan proses pembusukan daging, karena tahu waktu simpannya.

  1. Simpan daging pada temperatur rendah

Keefektifan menyimpan daging kurban dalam kulkas dipengaruhi oleh temperaturnya. Suhu rendah pada kulkas bisa membuat kualitas daging tetap terjaga. Untuk itu, usahakan mengatur temperatur kulkas di bawah -18 derajat Celsius, ya.

  1. Marinasi daging kurban

Aktivitas memarinasi daging dengan garam dapat membuatnya makin enak. Di samping itu, ini bisa membuat daging kurban terjaga kualitasnya, sehingga tetap segar meski diolah dalam beberapa waktu ke depan.

  1. Cincang daging sebelum dimasukkan kulkas

Cara menyimpan daging kurban lainnya dengan mencincang atau iris tipis dulu, sebelum dimasukkan ke freezer. Selain tetap fresh, aktivitas ini bisa memudahkanmu saat mengolah daging kurban pada kemudian hari.

Itulah beberapa cara menyimpan daging kurban Iduladha agar tetap segar. Gunakan wadah kering dan anti air ketika hendak menyimpannya di kulkas, untuk menghindari tumbuhnya bakteri. (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait